14 Alternatif cara Mengatasi Jerawat

Cara mengatasi jerawat

www.cleanandclear.co.id

Jerawat di wajah memang menganggu keseluruhan penampilan. Kebanyakan anak remaja memiliki jerawat dan noda di wajah pada suatu titik di hidup mereka. Banyak orang dewasa juga memiliki noda wajah. Namun jangan khawatir, di artikel ini akan membahas 12 cara mengatasi jerawat.

Sebenarnya apa sih jerawat itu ? Jerawat adalah bentuk ketidak sempurnaan kulit seperti bekas jerawat, tanda pigmentasi dan noda hitam. Jerawat umumnya disebabkan oleh penyumbatan minyak dan stress.

  1. Mencegah lebih baik dari mengobati

Cara terbaik menghilangkan jerawat adalah dengan mencegah munculnya masalah kulit dari awal. Langsung rawat jerawat, komedo hitam dan komedo putih begitu ada yang muncul. Namun, jangan coba coba memencet atau menarik paksa komedo hitam, putih, dan jerawat.

  1. Perawatan rutin setiap hari

Mencuci muka setiap hari dengan pembersih wajah yang bagus untuk memperbaiki masalah kulit kamu seperti terlalu banyak minyak, kering, komedo hitam, dan putih. Hindari menggunakan scrub yang terlalu kasar karena dapat memperparah kondisi jerawat.

  1. Hindari sinar matahari yang terlalu sering

Sinar matahari membuat iritasi jerawat dan dapat menimbulkan jerawat. Untuk meminimalisir dampak dari matahari, oleskan krim tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 pada area kulit yang terlihat ketika kamu harus berhadapan dengan sinar matahari.

  1. Minyak calamine

Aplikasikan minyak calamine ke wajah atau ke area berjerawat manapun di kulit kamu. Minyak calamine membantu menyerap minyak berlebih dari kulit dan membahkan hasil berupa hilangnya jerawat, termasuk jerawat di muka. Tidak ada batasan pemakaian minyak calamine, semakin sering akan semakin bagus.

  1. Kompres dengan es

Ambil beberapa bongkah es dan lapisi dengan kain bersih yang sudah dicuci. Bungkus bongkah es dengan kain lalu tempelkan pada area berjerawat selama setidaknya 5 menit. Rutinitas ini akan mendinginkan kulit wajah dan mengurangi radang. Gunakan metode ini sesegera mungkin begitu jerawat muncul untuk menghilangkan pertumbuhan dan merah akibat jerawat.

  1. Madu, sari lemon, dan kunyit

Buatlah pasta menggunakan sedikit madu, sari lemon, dan sejumput kunyit. Aplikasikan pasta ini pada kulit berjerawat setiap harinya. Terus lakukan perawatan ini sampai jerawat menghilang.

  1. Pasta kayu cendana

Campurkan pasta kayu cendana dengan sedikit air mawar dan glycerin. Aplikasikan pada kulit wajah berjerawat atau dimanapun letak jerawat. Kayu cendana telah digunakan sejak jaman dahulu kala untuk menjaga kulit bebas jerawat, noda, dan tetap bersih.

  1. Kentang

Oleskan kentang pada area kulit berjerawat untuk mengurangi kadar produksi pigmentasi. Atau kamu bisa mengaplikasikan sari kentang pada wajah atau dimanapun posisi jerawat untuk mencerahkan noda pada kulit.

  1. Susu dan pepaya

Tumbuk pepaya mentah dan sedikit susu yang belum direbus. Campurkan keduanya lalu campurkan ramuan ni pada wajah untuk mengurangi kada pigmentasi dan segala macam masalah pada wajah.

  1. Aloe vera

Gel alove vera telah terbukti bisa mengatasi kulit berjerawat di wajah atau bagian tubuh yang lain. Kamu bisa menambahkan 3 sampai 4 kapsul vitamin E pada gel aloe vera untuk membuat perawatan ini lebih efektif dalam menghilangkan kulit waja

  1. Sari tomat

Aplikasikan sari tomat pada noda hitam di wajah, sari tomat adalah obat alami dalam menghilangkan noda wajah di wajah maupun di anggota tubuh lain.

  1. Minyak almond

Minyak almond adalah salah satu obat alami yang paling umum untuk menghilangkan jerawat pada wajah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *