3 Langkah Perawatan Wajah Berjerawat yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Kenapa perawatan wajah berjerawat ini dilakukan sebelum tidur? Mungkin ini pertanyaan yang ada di benak kamu.

Wajar jika pertanyaan tersebut muncul. Dan seharusnya pertanyaan itu kamu tanyakan. Karena itu tandanya kamu tidak seperti kebanyakan orang yang asal percaya dengan tips kecantikan yang dibagikan entah melalui website, media sosial, atau brosur yang dibagikan di tempat-tempat keramaian.

Sebelum kamu tahu tiga hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk merawat kulit wajah berjerawat, kamu harus tahu dulu kenapa perawatan ini dilakukan sebelum tidur.

Menurut kaca mata ilmu kesehatan, ternyata malam adalah masa di mana kulit melakukan proses regenerasi. Dan proses itulah yang sebenarnya diperlukan agar masalah pada kulit wajah tidak muncul termasuk masalah jerawat.

Masalahnya, banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Kamu mungkin juga salah satunya. Jangan menganggap malam itu seperti siang. Jika kamu peduli dengan kecantikan wajah, maka kamu harus mempergunakan waktu malam hari untuk istirahat. Itu artinya kamu telah membiarkan kulit wajah melakukan proses regenerasi sel kulit dengan baik.

Sayangnya, orang-orang modern sekarang ini tidak mengetahui hal tersebut. Mereka hanya mengandalkan produk kecantikan seperti produk untuk merawat wajah yang berjerawat untuk mengatasi masalah jerawat.

Mereka tidak mengatasi masalah tersebut dari akar-akarnya. Mulai sekarang, kamu kamu harus memastikan bawasannya malam adalah waktu untuk istirahat. Jangan terlalu sering begadang. Istirahat karena saat istirahat kulit bekerja dan melakukan regenerasi sel kulit mati.

Untuk memaksimalkan proses regenerasi tersebut, kamu bisa melakukan tiga hal berikut ini.

  1. Mengangkat Kotoran

Proses regenerasi bisa terhambat atau tidak maksimal jika masih ada kotaran yang menepel pada kulit wajah. Ada kotoran kecil seperti sisa makeup yang bersembunyi di pori-pori. Dan itulah yang sebenarnya menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan komedo dan juga jerawat.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu langkah perawatan wajah yang berjerawat, kamu harus selalu membersihkan kotoran sebelum tidur.

  1. Mengaplikasikan Masker

Bebas masker apa saja yang ingin kamu pilih. Yang penting, masker tersebut cocok untuk merawat wajah yang berjerawat.

Akan tetapi, sangat disarankan kamu menggunakan masker alami. Mudah kok membuat masker alami untuk mengatasi jerawat. Cukup dengan mengoleskan madu pada wajah. Madu akan membunuh bakteri pada kulit wajah kamu yang menyebabkan jerawat. Kandungan antioksidan lah yang berperan dalam hal tersebut.

Atau, kamu juga bisa menggunakan putih telur yang dicampur dengan lemon. Ini juga mudah untuk dibuat, bukan?

Sebaiknya jangan gunakan masker yang berbahan kimia. Biasanya, masker seperti itu hanya cocok digunakan satu atau dua kali dalam satu minggu saja. Sementara itu, jika kamu menggunakan madu atau putih telur, aman jika digunakan setiap hari.

  1. Membersihkan Wajah dengan Air Hangat

Kenapa air hangat? Ternyata, air hangatlah yang mampu melembabkan kulit secara alami. Jika kulit wajah terasa lembab, maka kotoran pun akan lebih mudah diangkat, bukan?

Gunakan sabun cuci muka yang bagus untuk mengatasi kulit berjerawat, yaitu sabun yang mengadung anti-bacterial agent. Ketiga-tiganya bisa diterapkan setiap hari. Dan lihat hasilnya dalam beberapa hari kemudian. Jerawat akan mengering dan kulit wajah kamu tidak akan meradang.

Yang pasti, gunakan waktu di malam hari untuk istirahat. Jangan sampai kulit wajah kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan proses regenerasi sel kulit mati hanya disebabkan kamu sering begadang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *