4 Cara Lain Memanfaatkan Obat Kumur Gigi 

Obat kumur gigi memang sangat efektif dalam membersihkan plak dan kotoran di gigi dan mulut yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Tapi tahukah kamu kalau tidak itu saja kegunaannya?

Kandungan yang terdapat di dalam obat kumur gigi bersifat anti-bacterial, yang tentunya tidak hanya berfungis membersihkan bakteri yang terdapat di gigi. Kandungan alcohol yang terkadang juga terdapat di dalam beberapa mouthwash juga cukup efektif untuk membersihkan kotoran. Berikut beberapa kegunaan lain dari obat kumur gigi yang bisa kamu pakai.

  1. Membersihkan kuku

Kuku yang kotor dan terlalu lama dibiarkan dapat membuat kuku menjadi kuning dan terlihat tidak bersih. Terkadang, jika kuku tidak dijaga kebersihannya, jamur dapat dengan mudah tumbuh dan akan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan.

Campur sedikit mouthwash dengan cuka dalam jumlah yang sama, lalu gunakan kapas atau cotton buds untuk membersihkan kuku dan bagian bawah kuku dimana banyak kotoran yang sering tertinggal. Lakukan ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

  1. Pengganti hand sanitizer dan deodoran

Hand sanitizer, atau cairan pembersih tangan banyak digunakan untuk membersihkan tangan dengan kotoran ringan tanpa harus mencuci tangan. Sebagai bahan pengganti, kamu bisa menggunakan obat kumur gigi sebagai hand sanitizer, tapi pastikan yang kamu gunakan mengandung alcohol dan bebas gula. Jika tidak akan menjadi kurang efektif dalam emmbersihkan tangan dan justru membuat tangan menjadi lengket karena gula.

Hal yang sama bisa kamu lakukan dengan deodoran. Karena fungsi anti-bakteri nya, deodorant juga dapat diganti dengan mouthwash. Kamu hanya perlu menempatkan mouthwash di dalam botol kecil dengan semprotan, agar bisa diseprotkan jika kamu memerlukan cairan pembersih tangan atau deodoran.

  1. Perawatan luka

Kandungan anti-bakteri yang terdapat di dalam mouthwash tentunya dapat digunakan untuk membersihkan dan merawat luka. Hampir sama seperti alcohol gosok atau obat merah, mouthwash dapat berperan sebagai cairan antiseptic untuk menghilangkan bakteri yang ada di luka, maupun itu luka goresan, sayatan, atau luka tindikan.

Setelah menindik di bagian manapun, jika kebersihan area yang ditindik kurang terjaga, dapat mengakibatkan infeksi. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan daerah yang baru ditindik dibersihkan secara rutin hingga pulih. Ketika yang ditindik adalah bagian lidah, maka sangat disarankan untuk terus menggunakan obat kumur gigi untuk menjaga kebersihannya. Jadi, kenapa tidak digunakan juga untuk merawat luka setelah menindik di bagian tubuh lainnya?

  1. Perawatan rambut berketombe

Banyak sekali produk perawatan rambut anti-ketombe yang terkadang justru terlalu kuat untuk kulit kepala, sehingga mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Produk shampoo yang ada pun terkadang tidak cocok dengan jenis rambut yang dimiliki, hingga dapat mengakibatkan masalah rambut yang lain timbul.

Alternatifnya, kamu dapat tetap menggunakan shampoo yang biasa kamu gunakan dan bilas seperti biasa. Setelah rambut bersih dari busa shampoo, campur setengah sampai satu gelas kecil (tergantung tebal rambut) mouthwash dan air dengan takaran yang sama. Lalu bilas seluruh kulit kepala dengan campuran tersebut. Lakukan ini setiap selesai berkeramas sampai ketombe hilang. Cara ini tidak hanya efektif untuk membersihkan ketombe, namun juga dapat mengurangi rambut berminyak dan rambut akan memiliki bau mint yang segar.

Kegunaan lain mouthwash yang sudah disebutkan tadi hanya bagian kecil dari banyak lagi kegunaannya. Apa lagi yang kira – kira kamu bisa lakukan dengan menggunakan obat kumur gigi?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *