4 Cara Mengatasi Komedo Untuk Remaja Aktif  

Cara mengatasi komedo berikut sangat penting untuk kamu ketahui, karena dengan cara ini, kamu bisa membersihkan komedo yang mengganggu dengan cepat. Untuk kamu, para remaja yang sibuk beraktifitas, tentunya tidak punya waktu banyak untuk melakukan perawatan wajah yang ribet.

Kenapa sih, penting sekali untuk mengatasi komedo di wajah? Komedo yang timbul di wajah disebabkan karena pori – pori kulit yang terbuka dan permukaan kulit wajah yang berminyak, sehingga kotoran dan debu mudah menempel dan membentuk komedo. Komedo tentunya perlu diatasi, karena membiarkan kotoran menempel di kuliat wajah bisa mengakibatkan kulit kusam, bahkan infeksi. Lagipula, siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih?

Jadi, apa saja cara mengatasi komedo yang cepat dan efektif?

  1. Cuci wajah 1 – 2 kali sehari

Hal ini sangat simple, tapi masih banyak yang lupa untuk melakukannya. Penyebab utama komedo adalah kotoran dan debu, jadi sangat masuk akal jika langkah pertama yang diambil untuk menghadapi komedo adalah untuk mencuci wajah.

 Cuci wajah di pagi hari setelah bangun tidur, dan di sore hari setelah beraktifitas untuk membersihkan sisa – sisa kotoran yang menempel di wajah. Kamu bisa menggunakan sabun cuci muka yang bagus untuk mencuci, lalu keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih.

  1. Kecilkan pori – pori dengan jeruk nipis

Setelah wajah bersih dari debu dan kotoran yang menempel di permukaan kulit, peraskan sedikit jeruk nipis atau lemon diatas kapas bersih dan oleskan di bagian – bagian wajah yang bermasalah.

Kandungan asam yang terdapat dalam jeruk nipis bisa bekerja seperti toner, yang membantu mengecilkan pori – pori kulit. Selain itu, jeruk nipis membantu membuat wajah terlihat lebih cerah, apalagi setelah terkena sinar matahari.

  1. Bersihkan dengan madu dan kayu manis

Madu memang bahan yang bisa digunakan untuk banyak hal, dan pastinya sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Kayu manis juga memiliki fungsi anti-bakteri yang ampuh untuk membersihkan pori – pori kulit wajah yang terbuka.

Untuk membersihkan komedo, campur satu sendok kecil madu dengan setengah sendok kecil kayu manis bubuk. Setelah wajah dicuci bersih dan dikeringkan, oleskan capuran madu dan kayu manis di seluruh wajah atau daerah yang ingin kamu beri perawatan. Diamkan sekitar 3-5 menit hingga lapisan terasa sedikit kering, dan pijat wajah secara perlahan. Setelah wajah dipijat secara merata, bilas dengan air bersih dan keringkan wajah. Jangan lupa untuk memakai moisturizer, dan kamu bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali.

  1. Pakai masker putih telur

Putih telur mengandung protein yang sangat baik untuk mengecilkan pori – pori kulit, sehingga bisa menghilangkan komedo yang sudah ada sekaligus mencegah agar komedo tidak kembali. Putih telur juga bekerja sebagai pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam.

Caranya, letakkan putih telur di dalam mangkok kecil dan oleskan ke seluruh wajah yang sudah dicuci dan dikeringkan. Selanjutnya, cara pertama adalah untuk melapisi putih telur dengan tissue wajah. Kamu bisa lakukan ini sampai ada 2 atau 3 lapisan putih telur dan tissue. Ketika masker sudah terasa keras dan kering, lepas masker perlahan dan bilas wajah dengan air hangat.

Cara kedua, adalah tanpa menggunakan tissue. Kamu hanya perlu mengoleskan 3-5 lapisan putih telur. Tapi, perlu diingat agar membiarkan setiap lapisan kerin dahulu sebelum emngoleskan lapisan berikutnya.

Gampang bukan? Terutama kalau kamu remaja aktif yang tidak punya waktu banyak untuk melakukan perawatan wajah, cara mengatasi komedo tersebut bisa sangat membantu membuat wajah kamu lebih cerah dan bebas komedo.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *