5 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk menghindari resiko gigi berlubang dan penipisan enamel gigi. Selain dapat merugikan mulutmu, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari dapat merugikan gigi dan dapat membuatmu tidak nyaman dalam makan ataupun minum karena penipisan enamel dapat membuat gigi menjadi sensitif.

  1. Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu, seperti resiko terkena TBC atau pun kanker paru-paru maka efek buruk dari merokok lainnya adalah pada gigi. Rokok yang mengandung tembakau sangat memberikan efek buruk pada gigi. Hal ini dikarenakan merokok membuat mulut menjadi kering dan mengakibatkan mudahnya menghadirkan plak pada gigi. Ketika plak sudah mengeras pada permukaan gigi kamu, maka akan sulit membersihkannya dan harus berkonsultasi ke dokter gigi. Tentunya dalam membersihkan plak tersebut akan menggunakan berbagai alat yang dapat merusak lapisan gigi mu yang tentunya tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulutmu bukan? Maka dalam cara untuk mengatasinya adalah dengan berkumur setelah merokok minimal dengan air putih atau obat kumur. Dalam perawatan lebih lanjut, gunakan pasta gigi khusus untuk perokok.

  1. Mengunyah Es Batu

Kebiasaan yang memiliki istilah Pagophagia bagi pelakunya merupakan suatu hal yang kini harus diperhatikan jika ingin menjaga kesehatan gigi dan mulut mu. Mungkin terdengarnya biasa saja karena hanya mengunyah es batu, namun ternyata kebiasaan yang dikira sepele itu dapat menimbulkan lubang kecil pada gigi yang nantinya akan membesar dan berbahaya bagi kesehatan gigi. Tentunya bagi kamu yang cenderung memiliki gigi sensitif, maka mengunyah es batu pastinya bukan suatu hal yang senang kamu lakukan. Untuk menggantikannya, cobalah cari kebiasaan lain dan mengganti es batu dengan makanan lain yang cenderung lebih lembut sehingga gigi tidak bekerja terlalu keras.

  1. Menindik Lidah

Lah, kan lidah yang ditindik, kenapa ada masalah dengan gigi? Mungkin pertanyaan inilah yang muncul pada benak kamu saat melihat poin ini. Namun ternyata menindik lidah yang cenderung pada fashion cukup berbahaya pada kesehatan gigi kamu. Dengan memakai tindik yang biasanya berbahan besi atau bahan lainnya yang keras dapat membuat gigi retak karena tindikan tersebut dapat mudah bergesekan dengan gigi. Selain bahaya untuk gigi kamu, tindik lidah juga tidak disarankan karena dapat membuat infeksi pada lidah yang dapat berbahaya.

  1. Obat-Obatan Cair

Bagi kamu yang sakit dan cenderung memilih meminum obat yang berbentuk cair, maka sebaiknya dicari alternatif lain seperti mengkonsumsi obat-obatan berbentuk kapsul atau tablet. Hal ini dikarenakan obat-obatan yang berbentuk cair mengandung gula yang sangat tinggi dan dapat berpotensi merusak gigi kamu.

  1. Meminum Soda

Meminum soda yang mengandung asam dan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang buruk pada gigi kamu. Saat kamu meminum soda, maka kondisi sebenarnya adalah kamu sedang ‘membasahi’ gigi dengan gula yang dapat merusak kesehatan gigi. Jika hal ini terus dilakukan maka dapat menyebabka gigi kamu berlubang yang tentunya berefek sakit gigi. Maka untuk menghindarinya, saat ingin meminum soda, minumlah dengan menggunakan sedotan agar tidak langsung berkontraksi dengan gigi dan setelah meminum soda, netralkan gigi kamu dengan berkumur air putih atau obat kumur. Namun, jika ingin berkumur obat kumur ataupun sikat gigi, tunggulah selama 30 menit baru lakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *