5 Masalah Kulit Lain yang Terjadi Jika Kulit Wajah Kering dan Kusam

Penyebab utama mengapa kulit wajah bisa menjadi kering adalah karena kamu tidak menggunakan pelembab wajah secara teratur, terutama jika kamu banyak melakukan kegiatan yang membuat kulit wajah terkena sinar matahari yang jahat. Keadaan kulit pun bisa jadi lebih parah jika kamu juga kurang menkonsumsi air putih, beserta banyak lagi hal-hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak terlihat segar.

Ada baiknya jika kamu mulai merawat dan menjaga kelembaban kulit, terutama untuk bagian wajah. Karena kulit yang tidak terjaga kelembabannya tidak hanya akan menjadi kering dan kusam, tetapi ada banyak masalah kulit lainnya yang akhirnya bisa timbul juga. Apa saja masalah kulit yang harus kamu hadapi jika kulit tidak terjaga kelembabannya? Kalau kamu tahu, pasti kamu akan jadi lebih rajin untuk menggunakan pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam dan menjaga kondisi kulit wajah kamu sendiri.

  1. Wajah berkeriput

Ketika kulit kering dan kurang lembab, pastinya kerutan dan lipatan yang ada di wajah akan mulai bermunculan walaupun usia kamu juga belum tua. Keriput yang sudah ada di wajah pun lama kelamaan akan menjadi semakin jelas jika kulit terus dibiarkan kering.

Hal ini terjadi karena ketika kulit kering, sebenarnya menyebabkan terjadinya peradangan ringan pada kulit. Walaupun peradangan ini tergolong sangat ringan dan tidak terasa atau terlihat efeknya, jika dibiarkan dan tidak diberi perawatan, akan menyebabkan percepatan proses penuaan pada kulit sehingga kulit wajah akan lebih cepat berkeriput. Kamu pasti tidak mau kan, terlihat lebih tua karena kamu malas untuk menjaga kelembaban kulit wajah?

  1. Wajah terlihat tidak segar

Kalau wajah sudah kurang cairan dan menjadi kering, pasti akan membuat kamu jadi terlihat tidak segar, kan? Begitu wajah tidka terlihat segar, pasti kamu akan jadi kurang percaya diri dan hal ini akan mengganggu kegiatan sehari-hari kamu. Terutama kalau kamu melakukan kegiatan di dalam ruangan ber AC, karena dinginnya ruangan ber AC bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan bahkan menjadi bersisik.

Selain itu, wajah bisa menjadi gatal kalau kulit wajah terlalu kering. Jadi tidak nyaman, kan?

  1. Jerawat akan jadi semakin ‘jahat’

Kalau kamu berfikir kalau tidak ada ayng lebih parah dari wajah yang berjerawat, kamu salah. Karena, wajah yang kering pun tidak hanya membuat wajah jadi terlihat kusam dan tidak segar, jika kamu sudah berjerawat, kulit yang kering akan membuat jerawat kamu jadi meradang dan memerah sehingga akan jadi sulit untuk hilang dan meninggalkan noda hitam di wajah. Bagi kamu yang memiliki wajah yang mudah berjerawat, kulit yang kering justru akan membuat lebih banyak lagi jerawat muncul, lho!

  1. Kulit kehilangan lapisan pelindung

Bahan aktif yang ampuh untuk melindungi kulit adalah asam salicylic dan benzoil peroksida. Dua bahan ini juga terdapat di banyak produk-produk perawatan wajah, karena cukup kuat untuk melindungi kulit wajah dari masalah kulit yang sering terjadi. Akan tetapi, jika kulit kehilangan kelembabannya, kebanyakan orang akan terus menambahkan produk dengan dua kandungan ini sehingga justru akan merusak kulit. Sebab, kulit yang lembab itulah yang akan membuat bahan-bahan ini menjadi efektif dalam melindungi kulit wajah.

  1. Make up = topeng

Pasti kamu ingin, kan terlihat menarik ketika memakai make up, maupun itu sehari-hari atau untuk satu acara. Hasil make up yang flawless itu tapi tidak akan kamu dapatkan kalau kulit wajah kamu kering dan kusam. Hasilnya, make up yang sudah kamu gunakan itu akan terlihat seperti topeng yang menempel di wajah. Sayang kan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *