5 Obat Kumur Gigi Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, tentu tak lepas dari obat kumur gigi. Selain menggosok gigi, dengan menggunakan obat kumur kamu akan jauh lebih percaya diri tertawa lepas dan berkelakar dengan rekan atau keluarga tanpa takut mulut kamu bau. Untuk memenuhi kebutuhan penting ini, banyak sekali produsen kesehatan yang menyediakan obat kumur tertentu.

Namun, kamu perlu tahu juga bahwa sebenarnya kamu bisa menggunakan bahan dari alam untuk membuat obat kumur tradisional yang bisa kamu buat sendiri. Lantas, bahan apa saja sih yang bisa digunakan untuk berkumur dam menghilangkan kuman penyebab bau? Langsung saja simak 6 daftarnya di bawah ini, ya!

Teh

Teh adalah bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan sebagai obat kumur tradisional. Menurut sebuah penelitian, teh hijau atau merah memang terbukti sangat ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap. Di dalam kedua teh tersebut, mengandung bahan antioksidan alami yang disebut polifenol. Nah, polifenol inilah yang dapat membantu menghancurkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua jenis teh ini untuk berkumur di pagi hari. Namun ingat, jangan mencampurkan gula jika ingin menggunakan teh untuk berkumur. Sebaliknya, hal itu akan membuat gigi kamu semakin bermasalah. Jadi, ingat ya, teh hijau atau merah untuk berkumur.

Daun Sirih

Sudah sejak lama daun sirih dikenal memiliki segudang manfaat, di antaranya sebagai obat kumur gigi. Di dalam daun sirih terdapat kandungan terbaik untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat daun sirih untuk menghilangkan napas tidak sedapmu. Caranya sangat mudah, setiap selesai menggosok gigi, gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Tentu saja, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu setidaknya semalam sebelum menggosok gigi agar air rebusan dingin.

Cengkih

Salah satu pemicu bau mulut adalah peradangan di selaput lendir dan tenggorokan. Nah, untuk mengatasi masalah bau mulut yang mengganggu, ada bahan alami lain yang bisa digunakan selain teh dan daun sirih, yaitu minyak cengkih. Minyak cengkih bisa kamu dapatkan di berbagai toko obat tradisional. Caranya, seduh minyak cengkir dengan satu gelas air panas. Diamkan dulu hingga dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Lakukan setiap pagi setiap kali bangun tidur.

Cuka Apel

Apel juga dikenal sangat baik untuk membersihkan gigi terutama dari plak-plak kuning. Sari apel, atau cuka apel pun bisa digunakan untuk menghilangkan napas tidak sedap. Caranya, campurkan satu gelas air putih dengan 2 sendok teh cuka apel. Gunakan untuk berkumur kurang lebih selama 2 menit. Karena kandungan asam pada cuka apel sangat tinggi, usahakan untuk tidak mendiamkannya terlalu lama di mulut agar enamel gigi tidak terkikis.

Kayu Manis

Kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat kumur tradisional penghilang bau mulut. khasiatnya tidak kalah dari keempat bahan di atas, kok. Untuk digunakan sebagai obat kumur, sebaiknya kamu pilih kayu manis dalam bentuk bubuk. Seduh dengan air dan gunakan untuk berkumur seperti biasa. Jika sulit mendapatkan kayu manis bubuk, gunakan batang kayu manis dan rebus di atas api dengan segelas air. Tunggu dingin sebelum digunakan untuk berkumur.

Bingung mau pakai yang mana? Sebenarnya, kamu bisa menggunakan semuanya, kok. Dalam satu minggu, gunakan kelima bahan alami di atas untuk obat kumur gigi setiap hari secara bergantian dan buktikan hasilnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *