6 Cara Praktis Membersihkan Wajah Kusam

Wajah kusam

www.cleanandclear.co.id

Wajah kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu faktornya yaitu faktor internal. Biasanya kulit wajah yang kusam disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu, faktor genetika dan kesehatan kulit termasuk sel-sel kulit mati juga sangat berpengaruh pada keadaan kulit Anda. Hal itu menyebabkan kulit menjadi kering, berminyak bahkan berjerawat.

Faktor kedua yang penting juga untuk Anda ketahui adalah faktor eksternal. Ada banyak sekali penyebab dari luar yang membuat kulit wajah menjadi kusam. Salah satu penyebab utamanya adalah polusi udara dan paparan sinar matahari. Selain itu, gaya hidup serta lingkungan juga sangat berpengaruh. Penggunaan produk kecantikan yang salah juga dapat menyebabkan wajah tampak kusam. Untuk mengatasi wajah kusam, ada beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan. Simak ulasannya berikut ini yuk.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Nah, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak kurang lebih 10-12 gelas per hari. Anda dapat membaginya dengan cara, 2 gelas di pagi hari, 4 gelas di siang hari, 2 gelas di sore hari, dan 2 gelas di malam hari sebelum tidur. Cara ini cukup ampuh untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan tidak kusam.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat membuat tubuh Anda mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuat kulit wajah tampak lebih bercahaya. Selain itu, olahraga juga dapat membuat tubuh Anda lebih produktif dalam hal pola tidur, sehingga waktu-waktu regenerasi kulit dapat berjalan dengan baik. Anda dapat melakukan olahraga setiap 1 minggu sekali. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan jogging atau gerakan pemanasan agar tubuh keluar keringat.

3. Gunakan Pembersih Kulit

Pembersih wajah atau cleanser adalah cara ampuh yang dapat Anda lakukan agar wajah kusam tak muncul lagi di kulit Anda. Cleanser yang Anda gunakan akan membuat wajah lebih bersinar dan bercahaya, sekaligus menghilangkan minyak berlebih serta kotoran yang melekat agar tidak menimbulkan jerawat. Beli produk pembersih wajah yang cocok dengan kulit Anda agar hasilnya lebih maksimal.

4. Hindari Begadang

Sering begadang adalah salah satu penyebab kulit terlihat lebih kering dan kusam. Maka dari itu, hindarilah tidur terlalu malam jika tidak ada hal yang terlalu penting untuk dilakukan. Waktu tidur yang normal adalah 7-8 jam. Disarankan juga untuk tidur siang setidaknya 1 jam, karena ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerahkan kulit wajah dengan cepat.

5. Jaga Asupan Makanan

Tidak hanya tubuh, kulit Anda juga sangat membutuhkan asupan nutrisi, vitamin, mineral, antioksidan, serat, protein, dan kandungan lainnya yang sangat baik untuk memberikan nutrisi kulit dari dalam. Contoh makanan yang mengandung nutrisi tinggi adalah buah alpukat, jambu biji, pepaya, buah naga, manggis, dan lain sebagainya. Konsumsilah buah-buahan tersebut secara rutin agar wajah tampak lebih cerah secara alami.

6. Jauhi Rasa Stres

Stres adalah salah satu penyebab yang membuat kulit Anda terlihat lebih kusam dan kering. Maka dari itu, Anda harus menghindari hal-hal yang dapat membuat pikiran menjadi cepat stres. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkan sedikit waktu untuk berlibur agar pikiran menjadi fresh kembali.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *