6 Cara Sederhana untuk Bantu Cegah Gigi Berlubang

Sebarapa pentingkah mengetahui cara mencegah gigi berlubang? Jika kamu mengetahui bahaya gigi berlubang yang dibiarkan terlalu lama, kamu akan menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Perlu kamu catat, bahwa gigi berlubang yang tidak segera dirawat dan ditangani akan menimbulkan penyakit lainnya. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh drg Bambang Nursasongko SpKG(K) yang juga seorang staf pengajar Departemen Ilmu Konservasi Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

 “Jika dibiarkan, dalam jangka panjang kondisi itu bisa memicu munculnya penyakit sistemik,” ujarnya. “Kita harus mewaspadai ancaman fokal infeksi, yaitu infeksi kronis di suatu tempat yang memicu penyakit lain. Salah satunya melalui sirkulasi darah (hematogen), yaitu material infektif menyebar melalui sirkulasi darah dan menginfeksi organ lain.”

Jika demikian, yuk pahami dengan baik bagaimana cara mencegah gigi berlubang berikut ini.

Jangan makan makanan manis dan lengket

Makanan manis dan lengket berpotensi mengganggu kesehatan gigi kamu. Makanang yang lengket kemungkinan besar akan menempel di gigi meski tak kelihatan. Nah, sisa makanan yang menempel di gigi inilah yang mendatangkan kuman penyebab pengeroposan dan gigi berlubang. Cara mencegah gigi berlubang agar tidak besar adalah dengan menghindari makanan manis dan bertekstur lengket seperti cokelat, karamel, marsmallow, permen dan lain sebagainya.

Gosok gigi dua kali sehari

Menggosok gigi dengan rajin adalah salah satu cara mencegah gigi berlubang secara tradisional. Menggosok gigi dua kali sehari membantu mencegah gigi berlubang akibat penyebaran kuman dari sisa makanan yang tertinggal di gigi. Nah, waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setiap kali selesai makan dan sebelum tidur. Namun jika tidak memungkinkan, gosok gigi kamu di pagi hari dan sebelum tidur saja. Yang bersih, ya!

Gunakan benang gigi

Benang gigi dianggap cara mencegah gigi berlubang yang cukup ampuh. Karena dengan menggosok gigi seluruh kotoran yang nyempil di sela-sela gigi ini belum tentu tersapu bersih, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan benang gigi. Ada berbagai jenis dan kegunaan benang gigi, mulai yang bisa digunakan untuk beberapa kali, ada juga yang hanya bisa digunakan untuk sekali pakai saja.

Gunakan obat kumur

Karena menggosok gigi saja belum cukup, kamu memang bisa membersihkan gigi kamu lebih baik lagi dengan bantuan benang gigi. Namun, kamu juga perlu melakukan kebiasaan perawatan sederhana setiap harinya sehabis menggosok gigi. Yups! Berkumur dengan obat kumur gigi dari LISTERINE® yang akan membantu memberantas kuman yang bersarang di gigimu. Pastikan gigimu tetap bersih dan sehat serta napas segar dengan menggosok gigi dan menggunakan mouthwash.

Makan makanan sehat dan seimbang

Makanan sehat seperti buah dan sayuran juga berperan besar dalam cara mencegah gigi berlubang. Untuk menjaga gigi tetap kuat dan tidak mudah berlubang, kamu memerlukan asupan makanan sehat terutama buah-buahan. Buah dan sayuran seperti strawberry, apel, brokoli dan sayuran hijau lainnya sangat baik untuk gigi kamu, lho.

Rajin konsultasi dengan dokter

Meski kamu tidak merasa sedang mengalami masalah gigi, kamu juga perlu untuk menemui dokter gigi. Masalah gigi bukanlah masalah sederhana yang dapat diketahui dalam sekali waktu. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu memeriksakan kesehatan gigimu agar tidak sampai berlubang yang tentunya akan mengganggumu.

Nah, itulah beberapa tips tentang cara mencegah gigi berlubang. Semoga bermanfaat!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *