6 Langkah Utama untuk Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut sebenarnya sudah diajarkan sejak di Sekolah Dasar, bukan? Namun, pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut membuat siapa saja selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan giginya hingga dewasa. Nyatanya, pengetahuan sekedar menggosok gigi setiap hari saja masih belum cukup menjamin gigi kamu untuk selalu sehat, lho.

Untuk itu, kamu juga perlu melakukan beberapa rencana yang termasuk dalam oral health care plan. Cara perawatan mulut untuk menjaga kesehatan berikut ini mungkin dapat membantu kamu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Langsung simak, yuk!

Pahami kebutuhan gigi dan mulutmu

Ingat, rajin sikat gigi saja tidak cukup. Itu ibarat menuang air di timba bocor. Artinya, meski kamu rajin sikat gigi namun tidak memperhatikan hal penting lainnya juga akan membuat gigimu mengalami masalah. Nah, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang pertama adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkan gigimu. Misalnya, kamu harus mengenali apakah gigimu sangat sensitif atau mudah kuning. Dengan demikian kamu akan dipermudah dalam mencari perawatan gigi yang tepat.

Tingkatkan perawatan harian

Yang dimaksud meningkatkan perawatan harian di sini adalah dengan melakukan increase sedikit demi sedikit perawatan yang kamu lakukan. Contohnya, jika selama ini kamu hanya menyikat gigi saja, kamu perlu meningkatkannya dengan berkumur menggunakan mouthwash dari LISTERINE. Lalu menggunakan benang gigi, hingga mengunjungi dokter gigi sebagai cara perawatan mulut untuk menjaga kesehatan.

Jangan lupa gunakan fluoride

Baik anak-anak maupun orang dewasa sama-sama membutuhkan fluoride untuk melindungi lapisan gigi sekaligus mengusir kuman dan bakteri dalam mulut. Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut harus selalu diperhatikan bahkan jika kamu sudah yakin dengan perawatan gigimu. Jadi, jangan pernah lupa untuk selalu memeriksa apakah pasta gigimu sudah mengandung fluoride yang dibutuhkan gigi dan mulut atau belum.

Konsumsi makanan seimbang dan kurangi ngemil

Selanjutnya, atur makanan dengan takaran seimbang. Misalnya, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi makan berat seperti roti dan nasi tanpa diimbangi dengan sayuran yang mengandung air. Kamu perlu tahu bahwa makanan berair atau minuman sehat (bukan soda) dapat membantu meluruhkan sisa makanan yang menempel penyebab plak. Jadi, jaga kebersihan gigimu dengan bijak memilih makan.

Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Perlu dicatat, bahwa rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan gigi kotor. Sama halnya dengan nikotin, kafein juga dikenal berpotensi besar menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Jika dibiarkan, lama-lama akan menjadi karang gigi. Warna kuning mungkin masih saja terlihat samar. Namun jika warna plak sudah berubah menjadi kecokelatan bahkan hitam, itu akan membuatmu jadi terganggu.

Jangan takut memeriksakan gigi ke ahli dentist

Yang terakhir dan tak kalah penting, kamu sebaiknya juga rajin memeriksakan gigimu ke dokter gigi. Jangan takut akan vonis tertentu atau misalnya perintah cabut gigi yang membuatmu takut. Dengan memeriksakan gigimu, kamu akan tahu masalah gigi dan mulut apa yang sedang kamu hadapi. Plus, kamu juga bisa mendapat pengetahuan gratis dari dokter gigi, bukan? Itulah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *