6 Manfaat Teh Hijau untuk Bantu Menjaga Kesehatan Gigi

Sudah sejak lama teh hijau dikenal mengandung banyak manfaat untuk kecantikan maupun kesehatan. Saking banyaknya manfaat yang dimiliki, teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara menjaga kesehatan gigi.

Nah, jika kamu ingin mencoba perawatan gigi secara alami, kamu bisa menggunakan teh hijau sebagai pilihan yang tepat.

Mencegah karies gigi

Di dalam teh hijau mengandung zat khusus yang ternyata bagus untuk cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kadar fasfor alami yang mengandung polifenol dalam teh sudah terbukti dapat mencegah tumbuhnya karies gigi. Apa itu karies gigi? Karies gigi adalah salah satu penyakit yang dapat merusak kesehatan serta struktur gigi.

Hal ini dibenarkan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Prof. Edi Hartini Sundoro. Ia mengatakan teh hijau berfungsi untuk menjadi pengawal yang akan memperkuat gigi sehingga terjadinya karies gigi bisa dihindari. Kabar baiknya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa hampir semua merek teh yang dijual di Indonesia mengandung fasfor yang baik untuk gigi.

Mencegah gigi berlubang

Selain untuk mencegah karies gigi, teh hijau bisa mencegah gigi berlubang. mengontrol bakteri dan menurunkan tingkat keasaman air liur dan plak pada gigi, teh hijau bisa sangat bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi teh dengan gula. Penambahan gula dalam teh hanya akan mempengaruhi kuman untuk membuat gigi berlubang.

Menjaga kesehatan gusi

Sebuah penelitian di Jepang yang menguji 1000 pria menemukan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki gusi yang lebih sehat dibandingkan mereka yang jarang atau tidak minum teh hijau. Cara menjaga kesehatan gigi karena dalam teh hijau terdapat zat anti peradangan yang mencegah penyakit gusi. Selain penelitian tersebut, penelitian di Jerman juga menunjukkan hasil yang sama bahkan hanya jika kamu mengunyah permen mengandung ekstrak teh hijau.

Mencegah gigi tanggal

Gigi tanggal atau gigi lepas masih bisa terjadi pada orang dewasa, lho. Nah, kamu bisa mencegah hal tersebut jika kamu rajin mengonsumsi teh hijau. Sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2010 menunjukkan bahwa pria dan wanita yang rajin minum teh hijau minimal sekali setiap hari diketahui masih memiliki gigi yang utuh.

Mencegah kanker mulut

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang bukan hanya baik untuk kulit. Lebih dari itu, antioksidan dan zat lain yang terkandung dalam teh hijau diketahui dapat melindungi sel-sel dari pertumbuhan tumor dan kanker mulut. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian di University of Texas yang mengatakan bahwa manfaat teh untuk gigi bisa memperlambat pertumbuhan kanker mulut.

Menghilangkan bau Mulut

Cara menjaga kesehatan gigi juga tak lepas dari bagaimana kamu menjaga agar mulutmu tidak bau. Nah, dalam teh hijau ini mengandung antimkroba yang akan menghambat perkembangan kuman atau bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Karena itu, teh hijau bisa kamu gunakan sebagai obat kumur gigi yang membuat napasmu jadi lebih segar. Namun sekali lagi perlu kamu ingat, jika ingat merawat gigi dengan teh, sebaiknya tidak menambahkan gula di dalamnya.

Nah, itu tadi manfaat teh hijau untuk cara menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *