7 cara mencegah gigi berlubang

Cara mencegah gigi berlubang

www.listerine.co.id

Cara mencegah gigi berlubang paling mudah saja bisa sering dilupakan. Melewatkan menyikat gigi 1 hari mungkin tidak terlihat seperti masalah besar. Karena gigi kamu tidak mungkin tiba tiba rontok, memang sih, suatu saat nanti gigi akan rontok meski tidak di masa muda hanya karena melewatkan satu rutinitas perawatan gigi yang baik seperti menggosok gigi dua kali sehari.

Namun, jika terlalu sering melewatkan rutinitas perawatan gigi paling dasar tetap bisa meningkatkan resiko kesehatan, dan kalau terus berlanjut gigi kamu bisa saja benar benar rontok. Bisa saja kamu berpikir “gigi rontok” sedikit berlebihan tapi gigi berlubang dan penyakit gusi merupakan 2 masalah yang sering muncul di dokter gigi. Tentunya kamu tidak ingin mengetok pintu dokter gigi dengan kondisi lubang gigi cukup parah. Cobalah ketujuh cara berikut ini :

  1. Sikat gigi itu tidak susah

Cukup 2 kali sehari saja, minimum. Sedia saja pasta gigi yang mengandung fluoride dan waktu setidaknya 2 menit untuk menggosok gigi kamu 2 kali sehari (pagi dan malam sehabis makan). Bahkan jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambah kadar waktu menyikat gigi yaitu usai makan atau nyemil. Jika memang kamu terlalu lelah untuk menggosok gigi, setidaknya luangkan waktu untuk membersihkan gigi kamu dengan berkumur.

  1. Obat kumur

Meski kamu sudah menggosok gigi, ada kalanya gigi kamu membutuhkan perlindungan tambahan. Hal inilah yang mendasari penemuan obat kumur. Dengan kandungan fluoride pada obat kumur sangatlah membantu menjaga kesehatan gigi. Gunakan obat kumur 2 kali sehari usai meggosok gigi.

  1. Jadwalkan pertemuan rutin dengan dokter gigi

Pembersih gigi profesional, dan test pemeriksaan gigi rutin seharusnya dijadwalkan setidaknya sekali setiap 6 bulan. Jika kamu khawatir berpindah pindah dokter gigi atau memiliki kondisi khusus yang membutuhkan perhatian mungkin kamu bisa menggunakan jasa dokter gigi pribadi, dan pertemuan dengan dokter

  1. Dental sealant

Teknik sealant adalah penambalan tanpa rasa sakit yang biasa digunakan pada anak. Cairan khusus untuk mengisi rongga lubang gigi agar tidak rusak lebih jauh, terutama pada bagian geraham dimana banyak sisa makanan terjebak. Selain masalah lubang gigi teknik sealant bisa mencegah penyakit gigi lain. Ditambah lagi sealant dapat bertahan lebih dari 10 tahun selama mendapat perawatan tepat.

  1. Minum air mineral

Beberapa air mineral ternyata mengandung fluoride, membuat air mineral tersebut sangat bagus untuk pencegahan gigi berlubang. Tidak hanya air putih membantu memirenalisir gigi, tapi pada umumnya baik minum air mendorong produksi ludah untuk membantu membersihkan bakteri jahat.

  1. Konsumsi makanan yang bersahabat dengan gigi

Percaya atau tidak, memang ada makanan yang bersahabat dengan kesehatan gigi kamu. Sama halnya dengan pola makan untuk penyakit jantung bisa mengurangi resiko kamu terkena serangan jantung, beberapa makanan mampu membuat gigi kamu putih bersinar. Makanan yang cocok untuk membuat gigi kamu cerah termasuk namun tidak terbatas: keju, buah segar, dan sayur mayor. Kopi tanpa gula, teh, dan permen karet bebas gula. Masing masing dari makanan tersebut memiliki fungsi masing masing dalam menjaga kesehatan gigi.

  1. Bicaralah pada dokter gigi kamu

Jika kamu tidak juga berhasil dengan cara mencegah gigi berlubang yang telah disebutkan diatas, cobalah mengunjungi dokter gigi yang sesuai dengan budget di daerah kamu. Dokter gigi bisa memberi rekomendasi spesifik terhadap kebutuhan dan membantu kamu memperoleh gelar senyum terindah dalam jangka waktu lama.

Meta description

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *