7 Kebiasaan Tak Terduga untuk Atasi Bau Mulut

Cara mengatasi bau mulut adalah termasuk rangkaian menjaga kesehatan gigi dan mulut yang hendaknya diketahui oleh semua orang baik pria dan wanita. Apalagi jika kamu memiliki karier sebagai pembicara seperti reporter, presenter, juru bicara, interpret dan lainnya yang mungkin akan mengganggu lawan bicaramu saat kamu mengalami bau mulut.

Cara mengatasi bau mulut tak sedap ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan, jika kamu rajin melakukan pencegahan, bau mulut tidak akan terjadi padamu. Kebiasaan yang bisa kamu lalukan untuk mencegah terjadinya bau mulut adalah seperti rajin gosok gigi setiap hari dan berkumur dengan mouthwash penyegar napas. Nah, berikut ini 7 kebiasaan yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut kronis.

Makan beras

Percaya atau tidak, beras atau nasi mentah ternyata sangat efektif sebagai cara mengatasi bau mulut tak sedap, lho. Kalau kamu merasa bau mulutmu sudah parah banget, ambil saja setengah genggam beras putih dan kunyah pelan-pelan. Tidak perlu ditelan, kok. Jika sudah lembut, segera buang dari mulut dan berkumurlah hingga bersih. Bau mulutmu akan hilang total, jika kamu rajin melakukan “ritual” ini.

Kopi hitam

Selain beras, kopi juga dikenal ampuh untuk cara mengatasi bau mulut. Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa menetralisir bau tidak sedap dalam mulut. Caranya, seduh kopi hitam dengan air panas lalu gunakan untuk minum atau berkumur. Atau, kamu juga bisa mengunyah langsung kopi hitam yang masih segar setelah dipanggang. Yups, memang pahit, namun ini dijamin sangat ampuh, lho!

Minum susu kental manis

Nah, susu kental manis ternyata juga memiliki khasiat khusus menyingkirkan bau mulut yang mengganggu. Untuk cara menghilangkan bau mulut kronis, minumlah susu kental manis yang diseduh dengan air panas. Bisa kamu gunakan untuk berkumur atau diminum secara rutin. Perlahan-lahan, mau mulut kamu akan pergi dengan sendirinya.

Makan buah

Tak bisa dipungkiri, buah memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut termasuk untuk menghilangkan bau mulut kurang sedap. Buah-buahan masam atau yang mengandung vitamin C tinggi dinilai sangat bagus untuk mendukung usaha kamu menghilangkan mau mulut. Selain itu, buah-buahan juga memiliki fungsi lain untuk menyegarkan setiap napas yang keluar dari mulut.

Hindari makanan penyebab bau

Menghindari makanan penyebab bau juga merupakan salah satu cara mengatasi bau mulut yang perlu kamu lakukan. Tentu saja, jika kamu tidak ingin napasmu bau tak sedap, kamu sebaiknya menghindari makanan penyebab bau seperti petai, jengkol dan lainnya, bukan?

Berhenti merokok

Memang terkesan ‘maksa’, namun percaya atau tidak berhenti merokok juga merupakan salah satu usaha untuk menghilangkan bau mulut. Asap rokok yang masuk ke mulut bisa menyebabkan karang gigi yang keras dan hitam. Nah, karang gigi inilah yang menjadi pemicu timbulnya bau. Kebayang kan, kalau setiap hari kamu merokok? Apa jadinya bau mulutmu?

Kumur air garam

Ada cara menghilangkan bau mulut yang cukup praktis dilakukan. Yups! Minum air garam. Air garam terkenal ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau dalam mulut. Ambil satu sendok garam dan larutkan dalam segelas air, gunakan untuk berkumur setiap pagi setelah bangun tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

Nah, itu tadi cara mengatasi bau mulut yang bisa kamu lakukan. Semoga berhasil, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *