7 Tips Memilih Lensa Kontak bagi Pemula

memilih lensa kontak

www.galena.co.id

Tidak dapat dipungkiri, penampilan merupakan hal penting bagi perempuan. Penampilan dapat dilihat dari ujung kepala hingga ujung kaki, termasuk di dalamnya, mata. Namun, tidak semua orang dapat memperlihatkan keindahan matanya ataupun puas akan penampilan mata mereka. Hal tersebut dapat disebabkan oleh ketidakpercayaan mereka atas keindahan warna mata mereka atau kepercayaan bahwa penggunaan kacamata akibat cacat mata merusakan penampilan bagian wajah secara keseluruhan. Apabila kamu termasuk pada golongan tersebut, maka penggunaan lensa kontak ialah pilihan yang tepat. Namun, jangan selalu menggunakan lensa kontak seharian. Biarkanlah matamu istirahat. Pilihan lainnya bagi penderita cacat mata, seimbangkanlah penggunaan kacamata dan lensa kontak sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa tips memilih lensa kontak bagi pemula.

Sesuaikan ukuran lensa kontak dengan ukuran bola matamu

Beberapa perempuan tidak puas dengan matanya yang ‘kecil’, sehingga mencari lensa kontak berukuran besar untuk membuat mata terlihat lebih ‘besar’. Bagi pemula, sebaiknya hal ini tidak dilakukan. Lebih aman bagimu untuk memilih ukuran lensa kontak yang sesuai dengan ukuran bola matamu. Selain akan membuat orang-orang di sekitarmu tidak kaget dengan perubahan drastis, hal ini juga membantumu untuk menyesuaikan diri. Cara pemakaian lensa kontak bukanlah hal yang langsung dapat dikuasai oleh pemula, ukuran lensa kontak yang terlalu besar akan mempersulitmu saat memakainya.

Pilihlah warna lensa kontak yang natural, namun sebaiknya tidak sama dengan warna matamu

Warna natural lebih aman untuk dipilih karena menghindarkan kemungkinan salah memilih warna yang sesuai dengan kulitmu. Pilihlah warna yang dekat dengan warna bola matamu, namun usahakan tidak memilih warna yang sama dengan bola matamu. Mengapa demikian? Bagi pemula, memilih warna lensa kontak yang berbeda dari warna bola mata dapat membantumu untuk memastikan kamu sudah tepat memasang lensa kontak, baik dari sisi kesesuaian dengan letak bola mata ataupun ketepatan sisi lensa kontak (tidak terbalik).

Sedikit lebih mahal tidak apa-apa yang penting kualitas terjamin

Di pasaran, terdapat banyak merek lensa kontak, dari yang harganya murah hingga mahal. Bagi pemula, sebaiknya pilihlah harga lensa kontak yang logis, terutama jangan terlalu murah. Tidak dapat dipungkiri, harga menentukan kualitas. Kamu tidak ingin pengalaman pertamamu dalam menggunakan lensa kontak menjadi bencana karena memutuskan untuk menjadi orang ‘pelit’ bukan?

Ingatlah masa kadaluarsa lensa kontak

Lensa kontak tidak dapat digunakan seumur hidup, maka jangan lupa untuk memastikan dan mengingat waktu kadaluarsa lensa kontak yang kamu beli. Pemakaian lensa kontak yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan iritasi pada mata. Akan lebih baik apabila kamu memutuskan untuk tidak memakai lensa kontak tersebut mendekati masa kadaluarsa. Misalnya, jangka waktu penggunaan lensa kontakmu (yang disarankan) ialah enam bulan, maka kamu dapat menggunakan lensa kontak tersebut untuk empat hingga lima bulan.

Sesuaikan lensa kontak dengan kebutuhan matamu

Apabila kamu merupakan orang yang memiliki cacat mata, maka pilihlah lensa kontak sesuai dengan kebutuhan catat matamu, contohnya orang dengan rabun jauh (minus) 2.0 sebaiknya memilih lensa kontak dengan ukuran minus 2.0. Perlu diingat, lensa kontak tidak menyediakan layanan bagi kamu yang memiliki cacat mata silindris atau silinder.

Konsultasikan pemakaian lensa kontak dengan dokter atau para ahli

Bagi pemula, penggunaan lensa kontak sebaiknya menuruti saran dari dokter atau para ahli. Pengambilan keputusan menggunakan lensa kontak akan lebih aman karena mereka akan mengarahkanmu untuk memilih lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan matamu.

Pastikan kamu tidak terbalik saat menaruh lensa kontak pada tempatnya

Pemakaian lensa kontak yang terbalik pada mata akan menimbulkan rasa perih. Oleh karena itu, pastikan saat kamu selesai melepas dan membersihkan lensa kontakmu untuk menaruhnya di sisi yang tepat.

Semoga pengalaman pertamamu menggunakan lensa kontak berjalan lancar. Selamat mencoba.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *