8 Bahan Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi saat Sarapan

sarapan sehat

alodokter.com

Pagi hari umumnya merupakan waktu yang penting bagi manusia. Selain menjadi penanda dimulainya hari baru, pagi hari juga memiliki makna lain, seperti penanda aktivitas, kesibukan, target, dan harapan baru. Dalam rangka memenuhi dan menjalankan hal-hal tersebut, tubuh membutuhkan asupan gizi sebagai bahan bakar. Oleh karena itulah, sarapan berkualitas dibutuhkan.

Sarapan berkualitas mencakup asupan gizi baik dan jumlah yang tepat. Sarapan sebaiknya dilakukan sebelum memulai aktivitas harian, umumnya pukul 05.30-10.00. Kira-kira makanan atau minuman seperti apakah yang perlu dan baik dikonsumsi saat sarapan?

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang kaya serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal dapat disajikan tanpa tambahan apapun (dimasak atau ditambahkan air hangat) maupun ditambahkan susu, madu, atau buah secukupnya.

Roti gandum

Roti gandum yang baik sebaiknya terbuat dari gandum utuh. Roti gandum kaya akan serat dan dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat. Roti gandum dapat disajikan tanpa tambahan apapun maupun ditambah dengan telur, selai (secukupnya), dan bahan-bahan lainnya.

Nasi merah

Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan atau selai kacang

Bagi Anda yang berkomitmen untuk melakukan diet maupun program pengaturan pola makan sehat, kacang-kacangan dapat menjadi alternatif konsumsi yang baik di pagi hari. Agar hasil maksimal, usahakan agar mengkonsumsi kacang-kacangan yang hanya dipanggang atau direbus tanpa seasoning, seperti roasted almond. Apabila Anda ingin mengombinasikan manfaat kacang dengan karbohidrat agar merasa kenyang lebih lama, Anda dapat mengoleskan selai kacang pada roti gandum.

Teh

Teh kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh juga dapat meningkatkan energi, sehingga Anda tidak mudah lelah dan merasa mengantuk saat bekerja. Bagi Anda yang sedang berdiet sebaiknya menggunakan teh hijau untuk dikonsumsi. Teh dapat dikonsumsi langsung setelah diseduh maupun dicampur dengan oatmeal dan susu (dalam bentuk bubuk).

Yogurt

Yogurt mampu membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik. Yogurt yang baik dikonsumsi di pagi hari ialah yogurt tawar (tanpa pemanis buatan maupun lemak). Oleh karena itu, plain greek yogurt merupakan pilihan yang tepat. Yogurt dapat dikonsumsi langsung tanpa dicampurkan bahan apapun. Apabila Anda bosan, yogurt dapat dikonsumsi sebagai teman buah-buahan maupun oatmeal.

Telur

Telur kaya akan protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Apabila Anda alergi dengan telur, usahakan hanya mengonsumsi putih telur yang sudah matang saja. Telur dapat dikonsumsi dengan cara direbus, disajikan dengan roti gandum, hingga dibuat orak arik. Apabila Anda sedang memutuskan untuk berdiet, sebaiknya penggunaan minyak untuk menggoreng telur diganti dengan olive oil.

Pisang

Pisang mengandung karbohidrat, serat, dan potassium yang dibutuhkan tubuh. Pisang pun memiliki jenis beragam. Apabila Anda sedang menjalani program diet, usahakan untuk mengurangi konsumsi pisang raja karena kadar gula pisang raja tinggi. Konsumsi pisang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, dicampurkan dengan oatmeal, maupun ditambahkan dengan selai kacang dan roti gandum.

Berapa jumlah yang tepat untuk mengonsumsi bahan makanan dan minuman tersebut?

Jumlah yang tepat dikonsumsi perlu disesuaikan dengan jumlah kebutuhan harian dan kondisi tubuh Anda, misalnya usahakan untuk menghindari makanan atau minuman yang membuat Anda alergi. Hal yang perlu diingat ialah tubuh tetap membutuhkan makanan untuk dicerna, sehingga jangan membuat lambung Anda kosong. Oleh karena itu, bagilah porsi makan harian Anda menjadi beberapa bagian, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Sudahkan Anda mengonsumsi sarapan berkualitas hari ini?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *