9 Gaya Hidup Masyarakat Jepang dalam Menjaga Usia dan Kesehatan

gaya hidup orang jepang

Sehat Ala Orang Jepang (sumber: http://www.inidia.co.id)

Sebagai Negara yang maju, Jepang memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi. Masyarakat jepang pun memiliki tingkat obesitas yang rendah, hanya 3,5% dari total penduduk.

Serta memiliki tingkat penyakit seperti kanker payudara, kanker postat dan penyakit mematikan no.1 seperti jantung lebih rendah dari pada negara lain. Sehingga dapat membuat negara jepang maju di bidang ekonomi dan teknologi.

Masyarakat Jepang pun terkenal dengan ke disiplinannya yang tinggi. Sebuah kata yang terkenal di negara jepang adalah Waktu adalah Uang. Tentunya kedisiplinan masyarakat serta kemajuan di bidang ekonomi maupun teknologi tidak datang dengan begitu saja.

Semua itu berawal dari pola hidup yang sehat yang dilakukan oleh masyarakat Jepang itu sendiri. Sehingga dapat membuat mereka tetap dapat produktif dan berusia panjang. Dilansir dari Daily mail, ada sebuah alasan yang membuat orang Jepang terlihat awet muda, sehat dan panjang umur. Berikut 9 alasan tersebut yang dirangkum dalam 9 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang:

  1. Pencuci Mulut yang Sehat dengan Membatasi yang Manis

Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 100 gram gula per hari, hal ini biasanya yang diikuti orang Indonesia. Sementara orang Jepang jarang sekali mengkonsumsi makanan manis atau makanan penutup, hanya mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari. orang Jepang memilih pencuci mulut yang tepat, mereka lebih memilih buah-buahan atau teh hijau (ocha) sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

  1. Mengonsumsi Rumput Laut

Masyarakat Jepang suka mengonsumsi rumput laut yang terkenal memiliki serat yang tinggi. Selain itu rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan di dalamnya sehingga mampu menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

  1. Tidak Menunggu Kenyang

Masyarakat Jepang memiliki prinsip “hara hachi bu” yang artinya “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang langsing dan sehat.

  1. Mengonsumsi Ikan

Rata-rata orang Jepang memakan ikan 100 gram sehari. Di dalam ikan sangat tinggi kandungan asam lemak omega 3, yang merupakan lemak sehat untuk kesehatan otak dan jantung kamu.

  1. Membiasakan Diri Selalu Berjalan Kaki

Masyarakat Jepang lebih menyukai berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi, sangat berbeda ya dengan masyarakat di Indonesia. Orang Jepang berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor ataupun hanya sekedar ke taman. Hal itulah yang membuat orang Jepang terlihat bahagia, bugar dan awet muda. Selain itu berjalan kaki dapat mengurangi polusi lingkungan lhooo.

  1. Pola Hidup Seimbang dan Cinta Sayuran

Tahukah kalian, hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisipkan jenis sayuran di dalamnya. Mereka juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekedar bermain setelah seharian beraktivitas.

  1. Gemar Memakan Yogurt dan Tofu

Masyarakat Jepang gemar mengonsumsi Yogurt dan. Tofu juga baik untuk yang mengandung isoflavon tinggi serta baik untuk hormon dan terhindar dari penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause.

  1. Karbohidrat Bukan Hanya Dari Nasi

Masyarakat Jepang tidak hanya mengonsumsi nasi sebagai sumber energi. Mereka juga mengonsumsi Ubi dan Sereal.

  1. Mengolah Makanan Sebentar Saja

Orang Jepang biasa mengolah makanan dalam waktu yang singkat. Karena dengan tidak di masak terlalu lama maka gizi yang terdapat di dalam bahan masakan tidak akan hilang ataupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Sehingga membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

Nah Apakah Anda tertarik mencoba gaya hidup sehat Ala Masyarakat Jepang.

Semoga Bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *