Apa Akibat Dari Tidak Menggosok Gigi Malam?

Salah satu cara dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi secara rutin dan benar pada malam hari dan setelah makan. Namun ternyata masih banyak yang menyepelekan hal penting ini dan memilij untuk tidak melakukan rutinitas ini.

Walaupun rutinitas ini bersifat sebagai anjuran, namun janganlah menganggap enteng kebiasaan ini jika dilihat dari akibat yang ditimbulkan.

Menurut juru bicara American Dental Association (ADA), Deepinder Sahota, DDS, bahwa efek dari menggosok gigi secara rutin sangatlah penting dan baik bagi kesehatan gigi dan juga mulut. Hal ini dikarenakan menyikat gigi mencegah pertumbuhan penumpukan bakteri dalam bentuk plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Dalam mengetahui bagaimana penumpukan bakteri tersebut, maka Sahota memberitahu caranya saat siang hari jika kamu menyentuh gigi tepat di garis gusi, maka jika kamu menemukan sesuatu yang lengket, hal itulah yang disebut dengan plak. Plak inilah yang terus menumpuk seiring dengan aktivitas makan dan minum yang kamu lakukan sepanjang hari. Pastinya kebayang dong jika plak tidak dibersihkan dengan menggosok gigi apa akibatnya?

Maka dari itu, hendaklah menggosok gigi secara rutin dapat menjadi upaya dalam mengusir bakteri dan plak tersebut agar tidak menumpuk yang nantinya akan mengeras dan semakin susah untuk dibersihkan. Ternyata selain plak pada gigi yang akan terus mengeras jika dibiarkan, maka cara menghilangkan plak pada gigi adalah dengan menggosok gigi secara rutin ditambah berkumur menggunakan obat kumur gigi untuk membersihkan sela lainnya yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Plak yang mengeras tentunya menjadi masalah karena akan menyakiti gusi dan membuat gusi menjadi radang. Selain itu, akibat lainnya dari tidak menggosok gigi di malam hari adalah menumpuknya kotoran atau bakteri yang biasanya tertinggal pada permukaan gigi geraham yang biasanya digunakan untuk mengunyah dan berpotensi membuat gigi berlubang.

Jika masalah gigi kamu sudah sampai pada tahap tersebut, maka tentu satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan membawa masalah gigi kamu tersebut kepada ahlinya yaitu dokter gigi. Tentunya bukan tukang gigi ya, apalagi tukang gigi motor, sudah jauh sekali itu. Pengobatan dalam membersihkan plak dan menambal gigi yang berlubang pun membutuhkan proses yang lama dan terkadang menyakitkan. Menyakitkan karena doker gigi akan menggunakan alat khusus seperti scaling dan lainnya yang tentunya harus kamu tahan saat dokter menjalani prosesnya.

Nah, setelah mengetahui akibat tersebut, tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, jika sudah mengetahui informasi ini, cobalah untuk mengubah pola hidup dan berusaha merutinitaskan diri terhadap kebiasaan ini. Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah cara menggosok gigi pun harus dilakukan dengan benar. Sebelum kamu memulai untuk merutinitaskannya, maka cobalah untuk mengetahui terlebih dahulu cara menggosok gigi yang benar dan barulah lakukan hal tersebut secara rutin setelah makan dan sebelum tidur di malam hari.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya sangat mudah sekali dan murah, jika kamu mau berusaha menjaganya dengan baik. Mulai dari mengetahui cara menggosok gigi dengan benar, menggosok gigi dengan rutin dan jangan lupa untuk mengakhirinya dengan berkumur menggunakan obat kumur gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *