Apa Itu Plak pada Gigi dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Plak gigi adalah masalah yang pastinya sering dihadapi. Akan tetapi, perlu diketahui juga apa itu plak gigi, bagaimana plak gigi bisa terbentuk, dan tentunya yang terpenting adalah bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi.

Banyak yang beranggapan bahwa ketika kita sudah tua, gigi akan menjadi rusak dengan sendirinya. Akan tetapi, faktanya adalah jika kesehatan gigi dan mulut tetap bisa terjaga sejak usia dini dan tetap terjaga hingga tua, gigi bisa saja menjadi tetap kuat. Nah, salah satu penyebab gigi yang rusak di hari tua adalah karena menumpuknya plak pada gigi, yang lama kelamaan pun membentuk karang gigi, dan akan menyebabkan masalah gigi dan mulut yang lainnya pula.

Jadi apa itu plak gigi dan bagaimana plak gigi terbentuk?

Plak itu sendiri terbentuk karena adanya sisa kotoran dari makanan yang terlalu lama tertinggal dan tidak dibersihkan. Awalnya, kotoran tersebut tidak terlihat dan mungkin terselip diantara gigi, sehingga tidak terlalu mengganggu hingga harus segera dibersihkan. Di situlah awal terbentuknya plak gigi.

Kotoran yang menyelip dan tidak terlihat tersebut lama kelamaan akan menumpuk jika tidak dibersihkan, dan mulai membentuk lapisan putih yang menempel pada lapisan luar gigi. Lapisan inilah yang disebut dengan plak gigi, yang pastinya mengandung banyak sekali kuman dan bakteri yang tidak baik untuk kondisi gigi.

Plak gigi yang tidak dibersihkan pun tidak hanya akan membuat gigi dan mulut terlihat tidak bersih, namun akan pula menyebabkan masalah bau mulut. Jika dibiarkan terlalu lama, plak gigi yang menempel pada lapisan luar gigi akan mulai membentuk karang gigi, yang akan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan. Enamel, atau lapisan luar gigi pun akan menjadi rusak, dan terjadi karies atau gigi berlubang.

Tidak hanya gigi, masalah pada gusi pun bisa terjadi jika plak gigi tidak segera dibersihkan. Contohnya seperti iritasi pada gusi atau gusi berdarah.

Bagaimana caranya menghilangkan plak pada gigi secara mudah dan efektif?

Tentunya, yang paling utama adalah untuk menggosok gigi secara rutin. Akan tetapi, plak gigi yang seringkali menyelip diantara gigi seringkali sulit untuk dibersihkan hanya dengan menggunakan sikat gigi.

Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan dearah – dearah yang sulit dijangkau oleh bulu sikat gigi. Pastikan benang gigi yang ditarik cukup panjang, sehingga satu bagian benang gigi hanya digunakan satu kali. Pastikan juga untuk membersihkan gigi dengan benang gigi secara perlahan dan tidak terburu – buru, agar tidak terkena gusi dan justru menyebabkan gusi berdarah.

Kotoran yang tertinggal setelah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi tentunya akan tetap tertinggal jika tidak dibilas. Selain berkumur dengan air biasa, perlu juga untuk menggunakan obat kumur gigi untuk membersihkan sisa kotoran pada gigi setelah dibersihkan.

Tidak hanya membersihkan sisa kotoran, menggunakan obat kumur juga dapat membantu membersihkan gigi dari bakteri yang terdapat pada gigi dan mulut, karena kandungan antiseptiknya. Selain itu, mulut pun akan terasa lebih segar.

Membersihkan plak pada gigi itu hal yang sangat mudah bukan? Pastinya dapat dilakukan setiap hari di rumah, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya jika masalah plak gigi sudah menjadi lebih parah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *