Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi dengan Benar?

Kebutuhan akan penampilan menjadi hal wajib, mulai dari penampilan bawah kaki hingga atas kepala sangat diperhatikan bagi banyak orang. Mereka akan rela melakukan apa saja demi terlihat menarik dan baik oleh orang lain, sehingga mereka lebih optimis dalam menjalani segala aktivitasnya. Tentu, ketika penampilanmu kurang menarik, kamu merasa pesimis nggak?

Padahal. sebenarnya yang menjadi sorotan orang selain bagian kulit, rambut, dan berat badan, adalah penampilan area mulut juga lho. Hal ini yang sering dilupakan oleh banyak orang, alhasil mereka mendapati bagian giginya mengalami masalah, mulai dari gigi berlubang, gigi kuning hingga plak gigi.

Penting untuk menjaga bagian gigi ini agar kamu tidak malu menjalani aktivitasmu, dan tentu tak lagi mengganggu orang yang berada di sekitarmu akibat mulutu yang bau, atau yang lain. Tahu caranya nggak? Nah, informasi cara menjaga kesehatan gigi berikut ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu dalam meraih gigi sehat idamanmu. Lakukan dengan baik dan rutin ya!

  1. Makan Apa Saja?

Makanan menjadi faktor utama penyebab berbagai masalah gigi selain kuman dan bakteri, tentu hal ini disebabkan karena makanan apa yang kamu makan sehari-harinya. Setiap makanan memiliki kriterianya masing-masing, entah itu baik atau buruk bagi kesehatan gigimu. Jadi hal ini penting untuk kamu ketahui ya.

Makanan yang mengandung gula sebaiknya kamu kurangi, karena hal ini dapat mempercepat proses perusakan gigimu. Sering melihat anak kecil giginya hitam? Ya, itu adalah akibat dari makanan gula ini. Kamu juga harus menghindari makanan yang sulit dihilangkan dan mudah menempel di area gigi, makanan yang berbau tidak sedap, serta makanan yang terlalu panas atau dingin.

  1. Sudah Bersihkan Belum?

Tak hanya jenis makanan apa saja yang harus diperhatikan, namun juga sikap setelah kamu makan makanan tersebut. Seringkali gigi seseorang yang walaupun sudah menjaga makanannya, namun tetap mengalami masalah gigi.

Ini adalah masalah serius yang harus kamu hindari, kamu harus selalu membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di gigimu dan jangan biarkan sisa-sisa makanan tersebut tertimbun terlalu lama ya. Karena jika hal ini terjadi akan menimbulkan plak, dan inilah faktor penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Plak merupakan sesuatu berwarna kuning atau kecoklatan (sudah parah) yang ada di gigi, dan berada di dekat gusi.

Kamu dapat membersihkannya dengan berbagai cara, antara lain dengan gosok gigi dan berkumur. Lakukanlah hal ini secara dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, dan kamu boleh juga tambahkan waktunya yaitu pada sore hari. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi dan obat kumur gigi terbaik ya, agar hasilnya lebih baik pada kesehatan gigimu. Untuk obat kumur, LISTERINE tentu dapat menjadi pilihan terbaikmu.

  1. Konsultasi ke Dokter, Perlukah?

Tentu perlu, agar dapat mengetahui bagaimana keadaan kesehatan gigimu apakah baik atau butuh tindakan. Tentu saja, jika kamu memiliki cukup banyak uang, kamu dapat pergi ke dokter 3 bulan sekali atau beberapa bulan sekali. Namun jika dirasa belum banyak uang, waktu setahun sekali atau dua kali menjadi hal wajib yang kamu lakukan. Dan, kamupun boleh bertanya-tanya segala hal tentang gigimu pada dokter gigi yang kamu pilih ya.

Nah, dengan melakukan 3 hal ini secara rutin, maka kamu sudah pastikan kesehatan gigimu agar tidak terjadi suatu masalah. Gigi sebenarnya aset yang sangat penting,jadi jagalah sejak dini ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *