Bagaimana Putih Telur Bisa Mengatasi Komedo Membandel?

Salah satu cara mengatasi komedo yang paling sering disarankan adalah dengan menggunakan putih telur. Dari semua tips mengatasi komedo yang ada, mengapa menggunakan putih telur ini sangat disarankan? Apa perbedaannya dengan menggunakan cara lain, seperti menggunakan produk perawatan kulit atau bahan alami lainnya? Masih banyak lagi pertanyaan seputar penggunaan putih telur untuk mengatasi komedo ini. Coba simak ulasan singkatnya disini.

Kandungan putih telur yang ampuh mengatasi komedo

Sebelum membahas cara kerja putih telur dalam mengatasi komedo, kita bahas dulu apa saja yang terkandung dalam putih telur sehingga bisa menjadi cara mengatasi komedo yang ampuh.

Seperti yang sudah diketahui secara umum, putih telur sangat kaya akan protein. Walaupun ada pula yang mengatakan bahwa konsumsi protein yang terlalu banyak justru akan menimbulkan masalah pada kulit wajah, seperti jerawat dan komedo. Akan tetapi, putih telur ini ampuh untuk mengatasi komedo karena kandungan lainnya yang juga membantu mengatasi masalah komedo di wajah. Kandungan tersebut adalah albumin, yang bekerja bersama protein dalam putih telur untuk membantu mengecilkan pori – pori kulit. Itu sebabnya ketika menggunakan masker putih telur dan sudah mulai mengering, kulit akan terasa seperti ditarik.

Pori – pori yang mengecil setelah diberikan perawatan dengan putih telur tentunya tidak akan lebih mudah menampung sel kulit mati, kotoran, dan sisa – sisa sabun yang akhirnya bisa menyebabkan komedo timbul kembali.

Sebagai tambahan manfaatnya, putih telur juga kaya akan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan kulit. Alhasil, selain komedo hilang, pori – pori mengecil, kulit pun akan terlihat lebih sehat dan cerah secara keseluruhan jika rutin melakukan cara merawat kulit wajah yang satu ini.

Cara mengatasi komedo dengan putih telur

Jika kamu belum tahu bagaimana kamu bisa memanfaatkan putih telur untuk mengatasi komedo, tips ini penting untuk disimak.

Langkah pertama adalah untuk memisahkan putih dan kuning telur, dan memastikan tidak ada bagian kuning telur yang tercampur di dalam putih telur. Selanjutnya, kocok putih telur dengan garpu sampai putih telur mulai berbusa. Hal ini perlu dilakukan karena tekstur putih telur yang licin dan berlendir akan lebih sulit untuk digunakan, sehingga mengocok putih telur sampai sedikit berbusa akan membuat langkah berikutnya menjadi lebih mudah.

Jika diinginkan, kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon. Jeruk nipis dapat membantu mengeluarkan komedo yang sudah lama dan lebih sulit untuk dibersihkan. Kamu juga bisa menambahkan madu yang bisa membantu mempercepat penyembuhan kulit yang terinfeksi. Dua bahan ini baik untuk ditambahkan ke dalam campuran masker putih telur, tapi jika tidak diinginkan, putih telur saja sudah cukup.

Langkah berikutnya, gunakan kuas untuk mengoleskan satu lapisan masker putih telur di wajah dan tempelkan satu lapisan tissue kering di bagian wajah yang dioleskan putih telur. Setelah lapisan tersebut mengering, lakukan kembali hingga 2 atau 3 lapisan.

Ketika kulit sudah terasa kencang dan masker mengering dan mulai keras, lepaskan masker perlahan. Cucilah wajah hingga bersih dan gunakan toner agar kulit terasa lebih segar. Lakukan cara mengatasi komedo ini dua kali seminggu, dan kamu akan meihat por – pori yang lebih rapat dan komedo menghilang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *