Beberapa Manfaat Terselubung Dari Hobby Membaca

hobi membaca

sumber: http://log.viva.co.id/

Membaca merupakan sebuah aktifitas yang sudah biasa kita lakukan sejak bersekolah di Taman Kanak-Kanak (TK). Dengan membaca kita bisa mengetahui segala sesuatu ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita, dengan membaca juga kita bisa menjadi pandai. Namun tahukah anda, bagi mereka yang memang memiliki hobby membaca ternyata ada manfaat terselubung, penasaran apa itu ? Berikut beberapa manfaat terselubung jika memang anda hobby membaca.

  1. Dapat meningkatkan kapasitas memori otak

Ternyata dengan membaca, kita bisa meningkatkan kapasitas di otak kita. Maksudnya bagaimana ? Maksudnya yakni sebagai perumpamaan jika anda hobby badminton tetapi anda ingin ahli dalam sepak bola juga, tentu anda harus mempelajari teori tentang sepak bola dan itu menambah satu ruang baru di otak anda.

  1. Membaca dapat menambah pengetahuan dan ilmu

Sudah hal umum jika dengan membaca bisa membuat kita mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru. Bagi mereka yang hobby membaca bersyukurlah karena dengan membaca pengetahuan anda akan terus menerus bertambah, semakin banyak pengetahuan dan ilmu yang anda miliki, semakin siap anda menghadapi segala kesulitan yang menghadang anda.

  1. Membaca dapat memperluas cakrawala anda

Seperti istilah buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kamu seakan sedang melihat beragam orang serta tempat yang belum pernah dikunjungi. Hingga kamu tahu kebudayaan di Korea maupun sistem politik di Amerika.

  1. Dapat menghilangkan stres yang melanda anda

Ternyata manfaat terselubung dari membaca yakni mampu menghilangkan stres, baik itu stres ketika pulang kerja, deadline, maupun kuliah. Lhoh kok bisa ? Iya bisa, karena dengan membaca sebuah buku atau artikel, anda akan terbawa dalam alur cerita tersebut dan secara tidak sadar, stres yang mengganggu anda akan hilang seketika.

  1. Membaca dapat meningkatkan jenjang karir

Mereka yang hobby membaca ternyata dapat meningkatkan jenjang karir, dalam artian akan lebih mudah diterima di perusahaan karena memiliki pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat bagi perusahaan. Tentu, semua perusahaan mencari karyawan yang memang memiliki pengetahuan dan ilmu yang bisa membuat perusahaan berkembang.

  1. Dapat menambah kosakata

Semakin banyak membaca, bertambah pula kosakata baru yang kamu pelajari. Dengan membaca, kamu juga bisa menambah pengetahuan bahasa asingmu, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Sehingga bisa membantu kamu berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Asyik kan kalau kamu bisa mengobrol dengan kalimat yang cerdas?

  1. Bisa meningkatkan daya konsentrasi

Dikala anda membaca, anda akan fokus dengan kata-kata yang berada dalam buku, oleh alasan itu, hal tersebut bisa meningkatkan daya konsentrasi anda. Cobalah anda biasakan sebelum berangkat kuliah maupun kerja membaca buku paling tidak 15-20 menit agar anda lebih berkonsentrasi di kampus maupun di kantor.

  1. Hiburan yang gratis nan mudah

Membaca tidak perlu mengeluarkan uang, membaca merupakan salah satu hiburan gratis dan mudah yang bisa anda lakukan. Anda bisa membaca buku di perpustakaan dengan gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Selain di perpustakaan, di jaman yang modern ini, yang serba teknologi dan digital tentu anda bisa mengunduh dan menginstall aplikasi di ponsel anda. Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk membaca.

Nah, itu tadi beberapa manfaat terselubung dari hobby membaca yang patut anda ketahui, semoga manfaat diatas dapat membantu anda dan membuat anda bersemangat dalam membaca buku demi menambah ilmu dan pengetahuan anda.

Source: http://www.idntimes.com/kurio/10-fakta-bagi-kamu-yang-hobi-membaca-1

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *