Cara Membersihkan Jerawat Cepat nan Tepat

Cara membersihkan jerawat

www.cleanandclear.co.id

Jerawat memiliki kemampuan untuk muncul entah dari mana dan seringkali pada waktu yang tidak diharapkan. Tak jarang hal ini membuat seseorang merasa panik terutama jika jerawat menganggu di saat saat genting seperti sebelum kencan misalnya.

Tapi, sebelum kamu berusaha mengatasi jerawat sendiri, entah dengan cara membersihkan jerawat paling umum seperti memencetnya, pertama tama kamu harus tahu jenis jerawat yang kamu punya. Wajah berjerawat bisa berujung pada belang dan bekas luka tidak menyenangkan jika asal asalan.

Bukan berarti kamu harus menyalahkan tiap kali jerawat muncul. Karena jerawat adalah tanda sistem mekanisme penyembuhan tubuh sedang bekerja penuh untuk melawan infeksi, bahkan sebelum kamu melakukan perawatan jerawat apapun.

Pustula adalah salah satu jenis jerawat yang mana infeksi muncul ke permukaan kulit sehingga menghasilkan komedo putih (biasanya pada keseluruhan proses, mulai dari infeksi awal sampai jerawat terlihat bisa memakan waktu beberapa hari). Jerawat yang muncul ke permukaan kulit kamu bisa menimbulkan infeksi. Meskipun bisa menimbulkan keinginan untuk segera menghapus gejala yang muncul, sebaiknya kamu menunggu hingga infeksi (jerawat) memang sudah tumbuh maksimal sebelum kamu melakukan proses perawatan apapun. Ada alasan bagus kenapa kamu harus menunggu, jika kamu langsung mencoba mengeringkan jerawat, sel kering dan keriput akan muncul, dan sebagai gantinya hal ini akan mencegah komedo putih untuk keluar seperti yang di inginkan, dan malah kulit menjadi kering dan infeksi terjebak di dalam pori pori kulit.

Jadi, sabar saja, hanya beberapa hari, dan sekali pori pori putih benar benar terlihat di permukaan kulit, pencet lembut bagian yang ter- infeksi dengan jari yang dibungkus tisu atau dua kapas muka. Tunggu sampai isi dari komedo atau jerawat benar benar keluar (biasanya berwarna putih). Jika kamu ingin menggunakan produk penghilang jerawat yang ada di pasaran, yang mana bekerja dengan cara mengeringkan jerawat dari pori dan mengurangi infeksi, carilah produk berbahan camphor, sulfur, atau zinc oxide.

Jerawat besar (umumnya berisi nanah) adalah tipe jerawat yang mana infeksi tidak akan muncul ke permukaan namun akan terperangkap di dalam kulit, bahkan bisa sampa 3 minggu lebih. Berangsur angsur tubuh akan menyerap kembali infeksi, membiarkannya menghilang. Meski kamu akan merasa sedikit nyeri dari dalam jaringan kulit, kerawat besar sebaiknya jangan dipencet. Kamu bisa mengompres jerawat dengan es selama 10 menit dan ulangi setiap beberapa jam.

Hal ini akan membantu kamu mengurangi radang dan menghilangkan merah nan bengkak. Bisa juga kamu merawat kerawat besar dengan perawatan tradisional yang mampu mengecilkan infeksi seraya mencegah adanya penyakit kedepannya. Perlu diingat bahwa kerawat didorong oleh konsumsi produk susu, terutama ketika kerawat muncul di area dagu dan rahang, jadi pastikan kamu menjauhi produk susu selama bermasalah, terutama jika kamu merasa ada area yang kain parah.

Setelah semua jerawat telah hilang, kamu tentu ingin meminimalisir bekas jerawat. Eksfoliasi lembut bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat, sedangkan pencerah kulit, eksfoliasi, dan produk anti radang akan membantu belang akibat jerawatan. Untuk pengobatan lebih cepat, cobalah menggunakan gel anti jerawat.

Jika perawatan sudah berhasil, selalu jaga kulitmu dengan memakai tabir surya setiap harinya. Penggunaan tabir surya cukup penting, mengingat sinar UV dari matahari bisa menyebabkan bekas luka semakin gelap dan merah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *