Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Menyebabkan Bau Mulut

Gigi berlubang merupakan awal dari munculnya berbagai masalah kesehatan mulut seperti sakit gigi, masalah gusi, bahkan bau mulut. Maka mengetahui cara mencegahnya merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan.

Efek dari gigi berlubang sendiripun tidak dapat diabaikan, rasa sakit dan ngilu yang tak tertahankan pastinya membuat kamu menderita dan memberikan rasa kurang nyaman dalam menyantap makanan. JIka hal ini terus dibiarkan maka gigi berlubang tersebut akan membusuk dan membuat mulut kamu terasa bau. Penyebab dari gigi berlubang itu sendiri karena bakteri yang banyak menumpuk pada gigi berlubang sehingga pembusukan dapat terjadi lebih cepat. Maka berikut cara mencegah gigi berlubang agar tidak menyebabkan bau mulut.

  1. Menambal Gigi

Ketika lubang pada gigi sudah muncul, jangan tunggu sampai lubang itu membesar karena justru akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk mulut kamu. Maka ketika sudah muncul tanda-tanda gigi berlubang, usahakan untuk langsung ke dokter gigi dan menambal gigi. Maka, janganlah merasa puas dengan hanya menyikat gigi sebagai upaya mengatasi gigi berlubang karena ketika hal ini terjadi harus segera ditambal. Jika belum begitu besar, maka usahakan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut agar proses pembusukan pada gigi dapat berkurang. Ketika kamu hendak menambal lubang tersebut, maka konsultasilah terlebih dahulu pada dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigimu.

  1. Biasakan Meminum Air Putih

Jangan pernah menyepelekan khasiat dari air putih, karena air putih dapat memberikan manfaat yang besar pada gigi berlubang kamu. Setelah makan, usahakan untuk berkumur dengan air putih selama beberapa menit sebelum menyikat gigi. Hal ini dilakukan karena air putih dapat memberikan kenetralan pada gigi kamu sehingga bakteri yang berpotensi untuk membuat gigi berlubang kamu lebih besar dapat dihilangkan. Selain untuk gigi kamu, air putih juga sangat baik bagi tubuh sehingga dengan meminum 8 gelas air putih dalam sehari dapat membuat tubuh kamu terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

  1. Menyikat Gigi dengan Sikat Gigi Berbulu Halus

Setelah berkumur dan mengonsumsi air putih setelah makan, maka cara mencegah gigi berlubang agar tidak berbau adalah dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi berbulu halus. Gunakan minimal 2 kali sehari, baik setelah makan dan sebelum tidur. Khasiat dari menggunakan sikat gigi berbulu halus sendiri adalah karena dapat membersihkan secara total bagian gigi kamu yang berlubang juga bakteri yang terkumpul. Sehingga jika kamu menyikat gigi dengan rutin menggunakan sikat gigi berbulu halus dapat mencegah bau mulut. Sikat gigi berbulu halus juga cenderung aman dan lembut sehingga tidak akan menyakiti gusi kamu.

  1. Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Dari berbagai rangkaian diatas dalam cara mencegah gigi berlubang agar tidak bau, maka untuk melengkapinya adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur. Obat kumur berkhasiat dalam memberikan kesegaran dan dapat membersihkan bakteri yang berada di sela-sela gigi kamu. Maka alangkah baiknya jika kamu setelah makan berkumur dengan air putih terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan menyikat gigi dengan sikat berbulu halus dan menyempurnakannya dengan berkumur menggunakan obat kumur gigi.

Setelah membaca berbagai rangkaian ini, maka semoga dapat membantu kamu agar masalah gigi berlubang yang berpotensi menyebabkan bau mulut dapat teratasi. Maka praktekkanlah agar artikel yang kamu baca ini tidak hanya dibaca namun juga dapat memberikan manfaat bagi dirimu. Semoga berhasil!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *