Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Mudah

Cara Mencegah Gigi Berlubang sangat penting untuk kita ketahui karena gigi merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital, jika sakit maka akan sangat menyakitkan, meskipun pepatah mengatakan lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi, tetapi banyak orang jika sakit gigi ini juga merasa tidak nyaman dan kesakitan. Jika sudah terjadi sakit gigi ini bisa-bisa apapun yang kita lakukan jadinya tidak enak, mau makan ataupun mau aktifitas yang lainnya juga tidak nyaman sekali. Gigi yang sakit ini biasanya dikarenakan gigi yang berlubang.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara Mencegah Gigi Berlubang:

  1. Mengurangi makan-makanan yang mengandung gula secara berlebihan.

Gula atau bisa disebut dengan glukosa yaitu sebagai kandungan yang bisa dengan mudah melekat atau terselip di gigi sehingga ini bisa merusak gigi. Hal tersebut dikarenakan caramel yang merupakan bahan yang bisa dengan mudah mengundang bakteri yang bisa merusak email dan susunan gigi, perlu untuk Anda ketahui bahwa hal tersebut yang akan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Kemudian untuk cara mencegah munculnya gigi berlugang yang pertama bisa Anda lakukan yaitu dengan menghindari atau mengurangi makanan yang banyak memiliki kandungan gula, caramel ataupun glukosa yang berlebih. Anda juga bisa anjurkan pula larangan tersebut kepada keluarga terutama untuk anak-anak yang biasanya cenderung menyukai makanan manis contohnya seperti gulali, permen, coklat dsb. Cara mencegah gigi berlubang tersebut juga bisa Anda ganti dengan permen atau xylitol, ini akan lebih baik untuk kesehran gigi.

  1. Membiasakan gosok gigi secara teratur

Cara dalam mencegah masalah gigi berlubang ini yang paling umum yaitu dengan cara menggosok gigi dengan teratur serta rutin yang sesuai dengan jadwal seperti yang di sarankan oleh ahli gigi yang menggosok gigi 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan waktu malam hari sebelum tidur

  1. Mengurangi konsumsi makanan yang lengket

Mengurangi makanan yang lengket di makan ini merupakan cara untuk mencegah munculnya gigi yang berlubang, dengan cara Anda menggosok gigi sesudah makan maka ini solusi untuk bisa Anda lakukan. Makanan yang lengket tersebut conohnya seperti biscuit, roti daging dan makanan yang lainnya yang biasanya terbuat dari tepung. Karena makanan tersebut bisa merusak gigi.

  1. Membiasakan dengan berkumur memakai obat kumur

Melakukan perawatan untuk gigi dengan teratur akan lebih sempurna jika dilengkapi berkumur dengan obat kumur, karena dengan menggosok saja kurang bisa bersih secara maksimal. Obat kumur tersebut bisa menjadi solusi yang dapat menuntaskan masalah tersebut. Dengan berkumur setiap hari setelah menggosok gigi menggunakan obat kumur akan dapat mencegah munculnya gigi berlubang.

  1. Konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Ini merupakan solusi terakhir yang saya sampaikan kali ini kepada Anda, cara ini merupakan sebuah cara yang paling dianjurkan, karena dengan Anda memeriksakan gigi selama 6 bulan sekali bisa mendeteksi secara dini kerusakan gigi. Kemudian Anda juga dapat meminta saran dari dokter gigi kalau kalau diketemukan tanda adanya gejala gigi yang berlubang muncul. Tentunya ini akan lebih efektif untuk Anda lakukan. Dengan adanya fasilitas dokter maka penanganan juga akan lebih tepat.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan Cara Mencegah Gigi Berlubang, jangan Anda tunda-tunda untuk melakukan hal yang bermanfaat, jika Anda tunda maka akan lebih fatal akibatnya. Semoga bermanfaat.


DESKRIPSI

Cara mencegah gigi berlubang bisa anda lakukan dengan cara yang sangat mudah dan juga sangat simpel namun manfaatnya sangat efektif untuk menyehatkan gigi anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *