Cara Mencegah Gigi Berlubang Penyebab Bau Mulut

Tahukah kamu? Dengan cara mencegah gigi berlubang yang tepat, masalah bau mulut pun bisa teratasi. Pasalnya, gigi yang berlubang itu memang merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling sering terjadi. Coba simak dulu kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara untuk mencegah agar gigi tidak berlubang sehingga terhindar pula dari masalah bau mulut.

Bagaimana gigi berlubang menyebabkan bau mulut

Sebelum mengetahui cara mencegahnya, hal yang penting untuk diketahui adalah apa yang menyebabkan gigi berlubang dan kenapa hal itu bisa menyebabkan bau mulut.

Penyebab utama gigi berlubang itu adalah karena terjadinya kerusakan pada enamel atau email gigi, yang merupakan lapisan luar yang melindugi bagian – bagian dalam gigi. Biasanya, kerusakan itu sendiri disebaban oleh bakteri yang terlalu lama menempel di lapisan enamel tersebut, dikarenakan adanya kotoran yang tersisa di gigi dan mulut. Itu sebabnya membersihkan dan menyikat gigi dengan benar dan secara menyeluruh itu sangat penting untuk dilakukan setelah makan dan sebelum tidur setiap hari. Terutama setelah menkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Bahkan, menghindari atau mengurangi menkonsumsi makanan yang kaya akan gula adalah langkah paling awal dari cara mencegah gigi berlubang itu sendiri. Sisa gula yang tertinggal di gigi itu lah yang paling mudah berubah menjadi asam yang merusak enamel gigi.

Jika gigi sudah berlubang, makanan dan kotoran akan menjadi lebih mudah tertinggal di gigi dan lama kelamaan bisa membusuk dan membuat gigi menjadi semakin rusak. Selain bakteri yang tertinggal di sekitar gigi yang berlubang itu sendiri, hal inilah yang menjadi penyebab mengapa bau mulut bisa terjadi.

Cara mencegah terjadinya gigi berlubang penyebab bau mulut

Selain menghindari makanan yang mengandung banyak gula, untuk mencegah agar gigi tidak berlubang tentunya diperlukan cara lainnya juga.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi itu sangat penting untuk menjaga agar gigi tetap kuat dan tentunya terhindar dari bau mulut. Akan tetapi, yang akah dibahas disini adalah cara mencegah gigi berlubang yang paling efektif untuk dilakukan, karena gigi berlubang tetap saja bisa terjadi jika hanya dengan menyikat gigi saja.

Masalah paling utama yang sering terjadi ketika menyikat gigi adalah kotoran yang tertinggal, karena kotoran tersebut susah atau tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Bahkan dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus pun, terkadang tetap saja ada kotoran yang masih tertinggal di sela – sela gigi.

Solusi untuk membersihkan kotoran di gigi yang terselip di sela – sela gigi adalah dengan menggunakan benang gigi. Dengan menggunakan benang gigi yang tidak mudah berserabut, kotoran di sela – sela gigi akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan.

Setelah itu, berkumurlah dengan obat kumur gigi. Alasannya, karena bagian – bagian yang tidak bisa dicapai oleh bulu sikat gigi tentunya akan lebih mudah dibersihkan dengan cairan. Selain itu, sela – sela gigi yang sudah dibersihkan dengan benang gigi pun bisa dibersihkan kembali untuk memastikan tidak ada kotoran yang masih tertinggal. Menggunakan obat kumur pun akan sangat berguna untuk membersihkan gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Selain itu, tidak hanya gigi yang menjadi bersih, tapi seluruh bagian mulut, gusi, dan lidah pun menjadi bersih.

Kalau gigi sudah sehat, kuat dan tidak berlubang, kamu tidak perlu khawatir lagi kan mengenai masalah bau mulut? Kamu hanya perlu melakukan cara mencegah gigi berlubang yang sangat mudah itu saja.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *