Cara Mencegah Gigi Berlubang? Ya Dengan Merawatnya!

Cara mencegah gigi berlubang mungkin sudah banyak orang membahasnya. Namun memang cara terbaik dalam mengatasi gigi berlubang adalah dengan mencegahnya. Jika gigi sudah terlanjur berlubang? Ya harus dirawat agar tidak membesar dan terlanjur sakit yang justru tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda

Dengan memiliki gigi yang berlubang tentu akan menjadi permasalahan yang sulit bagi penderitanya, karena selain menimbulkan rasa sakit, gigi yang berlubang akan membuat mulut Anda bau dan harus segera ditangani agar tidak menjadi parah. Maka dengan itu, cara mencegah agar gigi yang berlubang tidak bertambah parah adalah dengan merawatnya yang akan diberitahukan caranya dalam artikel ini.

Cara pertama adalah dengan menambal gigi Anda. Jika Anda sudah mulai merasa bahwa gigi Anda berlubang maka segeralah ditambal, karena jika didiamkan akan berpotensi untuk membesar dan menyebabkan bakteri menumpuk pada gigi. Sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi dan lubang jika dibiarkan juga akan menimbulkan bau tidak sedap yang akan membuat Anda tidak nyaman. Menggosok gigi memang dibutuhkan, namun tidak dapat membantu jika lubang sudah terbentuk pada gigi. Maka cara mencegah gigi berlubang yang terpenting adalah dengan mengkonsultasikan kepada dokter gigi mengenai masalah gigi Anda. Biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk menambal gigi yang berlubang tersebut agar tidak membesar.

Lanjut kepada cara kedua adalah dengan banyak meminum air putih. Karena dengan mengonsumsi air putih akan sangat baik untuk pencegahan gigi berlubang Anda. Selain karena anjuran kesehatan untuk meminum 2 liter air putih sehari atau sama dengan 8 gelas, faktanya, dengan meminum air putih dengan porsi yang cukup akan memberikan efek netral pada gigi dan membersihkan bakteri pada gigi yang berlubang sehingga akan mengurangi potensi lubang semakin besar dan bau. Sering-sering lah meminum air putih baik sebelum makan dan sesudah makan sebagai pencuci mulut yang netral terhadap mulut Anda.

Dalam cara merawat gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menyikat gigi dengan bulu yang halus. Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus kepada gigi berlubang bukan tanpa alasan karena dengan menggunakan jenis sikat gigi tersebut akan memberikan hasil yang maksimal dalam membersihkan gigi berlubang karena dapat membersihkan pada sela-sela gigi yang berlubang. Usahakan juga untuk mencari sikat gigi yang memiliki gagang aerodinamik yang sesuai dengan bentuk mulut Anda. Tidak lupa juga, karena bulu sikat yang halus dapat mencegah gusi berdarah dan membuat Anda merasa nyaman dalam menyikat gigi.

Selanjutnya dalam pembahasan merawat gigi berlubang dengan mencegahnya adalah dengan menggunakan obat kumur gigi. Kenapa obat kumur? Karena ternyata setelah Anda menggosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan membuat gigi dan mulut Anda menjadi lebih segar dan membersihkan bakteri pada sela-sela gigi yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi Anda. Jadi, usahakan untuk membiasakan diri berkumur dengan obat kumur gigi setelah menyikat gigi untuk mendapatkan perawatan maksimal dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Setelah mengetahui cara merawat gigi berlubang sebagai upaya mencegah membesarnya lubang pada gigi tersebut, baiknya cara diatas dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika memang tidak begitu banyak perubahan atau penyembuhan yang terjadi, maka sebaiknya Anda konsultasikan langsung ke dokter gigi Anda dan mendapatkan perawatan yang terbaik sebagai upaya lain dalam cara mencegah gigi berlubang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *