Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Ampuh

Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan pada giginya yaitu gigi berlubang. Rasa yang ditimbulkan dari gigi berlubang memang membuat nyeri. Apabila dibiarkan begitu saja, gigi berlubang akan semakin meluas dan menimbulkan bau mulut tak sedap. Salah satu cara mencegah gigi berlubang yang paling mudah adalah dengan menggosok gigi 3 kali sehari. Pada saat mandi pagi, mandi sore, dan ketika mau tidur. Ada juga cara yang alami selain menggosok gigi, yaitu bersiwak seperti yang dilakukan di zaman nabi. Namun, ada beberapa cara lain yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah gigi berlubang seperti di bawah ini.

  1. Menyikat Gigi Setelah Makan

Menyikat gigi setelah makan adalah salah satu cara mencegah gigi berlubang. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi sehingga gigi terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa saja tumbuh akibat makanan yang menempel pada sela-sela gigi tersebut. Namun, apabila Anda mengonsumsi makanan asam, jangan langsung menyikat gigi karena dapat menyebabkan gigi menjadi mudah keropos. Tunggu hingga setengah jam, baru Anda bisa menggosok gigi.

  1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan gigi. Maka dari itu, Anda jangan malas untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Namun, akan lebih baik lagi jika setelah makan, Anda memiliki kebiasaan menggosok gigi.

  1. Menggunakan Benang Gigi

Penggunaan dental floss atau benang gigi adalah salah satu cara sehat untuk menghilangkan partikel-partikel kecil yang tersangkut pada sela-sela gigi. Penggunaan dental floss dapat membersihkan daerah-daerah gigi yang tak terlihat oleh mata. Apabila sisa-sisa makanan tersebut dibiarkan dan tidak dibersihkan maka gigi Anda akan rusak dan biasanya kerusakan bisa terjadi pada dua gigi sekaligus.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan kekuatan organ gigi. Kandungan kalsium yang terdapat pada makanan sehat dibutuhkan oleh gigi agar gigi senantiasa tetap kuat. Jadi, selain menyikat gigi dengan rutin, asupan nutrisi yang cukup juga harus dipenuhi dengan baik.

  1. Meningkatkan Asupan Air Mineral

Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan air putih harus cukup. Hal ini bertujuan agar aliran air ludah yang terjadi dalam mulut lebih banyak dari biasanya. Apabila air ludah banyak maka akan berfungsi sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi-gigi Anda, selain itu juga berfungsi sebagai penetral keadaan rongga mulut.

  1. Hindari Makanan Lengket

Makanan lengket seperti permen, coklat, roti, biscuit, daging dan sejenisnya yang sering tersangkut di sela-sela gigi dan tidak tercerna oleh air liur harus dikurangi bahkan dihindari karena sangat berpotensi merusak email gigi, sela-sela gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Setiap selesai makan makanan yang manis dan lengket, usahakan untuk selalu berkumur-kumur. Dan jangan lupa juga untuk selalu menggosok gigi sebelum tidur agar tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, karena biasanya bakteri akan muncul pada saat Anda sedang tidur di malam hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *