Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Asam Lambung

Cara mengatasi bau mulut tentu menjadi hal yang sudah banyak dibahas dalam berbagai artikel, namun bagi kamu yang memiliki masalah asam lambung, tentunya bertanya-tanya bagaimana hubungan antara asam lambung dengan bau mulut?

Biasanya bau mulut disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak baik, mulut kering karena dehidrasi, infeksi saluran pernapasan, merokok dan memakan makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, kopi dan jenis ikan tertentu. Terdapat berbagai cara dalam menyembuhkannya, ada yang mudah namun ada pula yang sulit. Maka bagi kamu yang memiliki masalah bau mulut karena asam lambung sedikit lebih sulit untuk disembuhkan. Maka, sebelum mengetahui cara mengatasi bau mulut karena asam lambung, sebaiknya kamu mengetahui hubungan antara asam lambung yang menyebabkan bau mulut.

Asam lambung yang naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan pengertian dimana isi cairan dari lambung mengalir kembali atau naik ke kerongkongan. Hal ini dapat terjadi karena sfingter esophagus bagian bawah yang merupakan jenis katup antara kerongkongan dan perut tidak bekerja dengan benar sehingga tidak dapat menutup dengan erat. Keadaan ini menjadikan isi muntahan dari perut yang mengandung asam dan pepsin, enzim yang dimulai pencernaan protein dalam lambung terdorong ke kerongkongan yang menyebabkan kamu bisa merasakan asam yang sangat tidak nyaman di bagian belakang tenggorokan. Selain tidak nyaman di tenggorokan, kejadian ini juga menyebabkan sensasi panas di dada.

Keadaan ini membuat seseorang yang menderita asam lambung akan berulang kali masuk bersentuhan dengan lapisan halus kerongkongan dan jika dibiarkan hal ini akan terjadi terus menerus selama periode waktu dan membuat lapisan esophagus rusak. Karena terus-terusan mengalami kontak dengan cairan asam, jaringan lapisan tidak mendapatkan waktu cukup untuk menyembuhkannya sehingga mengakibatkan jaringan mati. Jaringan yang mati inilah yang terus menumpuk dari waktu ke waktu akan menghasilkan napas tak sedap atau bau mulut.

Maka, setelah mengetahui bagaimana hubungan antara asam lambung dengan bau mulut dari proses yang terjadi, berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk mengatasi bau mulut dari penyakit asam lambung.

Dalam cara mengatasi bau mulut dari asam lambung salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan membuat beberapa perubahan dalam diet seseorang. Jika kamu memiliki kebiasaan memakan makanan pedas, maka cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan pedas. Hal ini dilakukan karena lambung menghasilkan banyak asam yang diperlukan untuk mencerna makanan, jika kamu memakan lebih banyak makanan, maka asam yang diproduksi pun tentu lebih banyak. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi porsi makanan pedas kamu dan setelahnya meminum air putih yang cukup agar proses pencernaan dapat menjadi lancar.

Selain dari memperbaiki porsi makan, obat alami yang dapat digunakan dalam cara mengatasi bau mulut karena asam lambung adalah dengan mengkonsumsi ekstrak kulit jeruk, biji adas dan peterseli. Mengunyah adas juga dapat mengobati bau mulut. Namun, sebelum kamu mulai mengonsumsi obat tersebut, konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli.

Namun, yang terpenting, selain dari menjaga kesehatan tubuh kamu dari dalam, tentunya menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan solusi utama dalam cara mengatasi bau mulut dari luar. Usahakan untuk tetap menggosok gigi 2 kali sehari dan berkumur dengan obat kumur terbaik untuk menjaga kesehatan mulut kamu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *