Cara Mengatasi Komedo dengan 5 Bahan Alami

Cara mengatasi komedo

www.cleanandclear.co.id

Komedoan? Aduh pasti menggangu banget yah. Tapi tenang aja, masalah ini hampir dialami semua orang kok khususnya para remaja. Aktivitas hormon yang tak stabil saat pubertas mengakibatkan minyak wajah banyak diproduksi, sebelumnya kalian harus tau dulu apa itu komedo dan penyebab utama munculnya komedo. Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori karena kandungan minyak, kotoran dan sel kulit mati.

Komedo dibagi menjadi dua jenis, komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, serta komedo yang tertutup (whitehead), kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat jadi terlihat seperti tonjolan putih. Keduanya pasti dapat menjadi masalah yang akan menurunkan kepercayaan diri kalian, tapi kalian ga perlu khawatir karena ada tips & trick cara mengatasi komedo. Selain menggunakan produk-produk kecantikan yang berada di pasaran, komedo juga bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami  yang pastinya tidak berbahaya dan jauh lebih murah. Berikut ini 5 bahan alami untuk menghilangkan komedo yang bisa kamu coba dengan mudah :

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan juga zat asam yang dapat membantu untuk mengangkat komedo, khususnya untuk jenis komedo yang berwarna hitam (blackhead). Cara menggunakannya, pertama-tama bilas wajah kalian dengan menggunakan air hangat. Menggunakan air hangat adar pori-pori wajah terbuka dan memberikan kesan rileks kepada wajah, kemudian siapkan lemon dan belah menjadi dua bagian lalu gosokan potongan lemon kewajah terutama yang berkomedo. Diamkan selama 5-10 menit, selama itu mungkin kalian akan merasakan wajah kalian sedikit perih karena kandungan lemon tersebut dan itu adalah hal yang wajar. Setelah itu bilaslah dengan air dingin hingga bersih.

  1. Lidah buaya

Ternyata lidah buaya memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi komedo lho. lidah buaya dapat menghilangkan jenis komedo putih & hitam sekaligus. Bagaimana cara menggunakannya? Petik lidah buaya, kemudian potong dan ambil bagian yang seperti gel. Namun sebelumnya jangan lupa untuk membersihkan muka kalian dulu ya. Tahap selanjutnya adalah oleskan gel lidah buaya kewajah secara merata khususnya wilayah yang bermasalah, tunggu sampai kering. Setelah kering, bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Putih telur

Putih telur mengandung nutrisi yang terbukti bisa menghilangkan komedo dan mengencangkan pori-pori, cara menggunakannya adalah pecahkan telur dan pisahkan bagian kuning dengan putihnya. Kemudian kocok putih telur hingga terlihat mengembang. Oleskan putih telur ke area yang berkomedo kemudian diamkan 10-15 menit sampai mongering. Setelah itu bersihkan wajah kamu dengan menggunakan air hangat yaa.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini mengandung enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati, ada juga enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo. Bagaimana caranya? Pertama, potong buah papaya lalu haluskan baik dipencet atau diblender hingga bisa digunakan sebagai masker. Oleskan pada wajah kalian, terutama bagian yang berkomedo. Diamkan selama 10-15 menit hingga meresap kemudian bersihkan. Lakukan cara ini secara rutin paling tidak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

  1. Madu & kayu manis

Madu adalah antibiotic alami yang bisa membunuh bakteri dikulit kita, selain itu madu juga dapat melembabkan kulit. Namun untuk hasil yang maksimal lebih baik dicampurkan dengan bubuk kayu manis. Cara menggunakannya adalah tuangkan tiga sendok madu dan satu sendok bubuk kayu manis kedalam wadah, aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada bagian wajah secara keseluruhan, khususnya bagian yang berkomedo. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *