Cara Menggunakan Obat Kumur Gigi yang Benar

Obat kumur gigi atau yang sering disebut sebagai mouthwash merupakan salah satu produk yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Sebelumnya obat kumur ini memang belum banyak yang menggunakan karena masih jarangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulutnya, namun lama kelamaan obat kumur ini digunakan oleh masyarakat karena memang posisinya yang cukup penting dalam melindungi kesehatan gigi dan mulut.

Obat kumur gigi ini semakin hari semakin banyak jenis dan produknya yang semuanya mengklaim menjadi produk yang paling baik diantara pesaing-pesaingnya. Namun semua produk tersebut pastinya memiliki standar keamanan yang sangat tinggi karena apabila tidak aman maka tidak mungkin diizinkan untuk diedarkan di pasaran.

Dalam menggunakan obat kumur tersebut pastikan anda benar dalam menggunakannya, artinya harus sesuai tata cara penggunaan yang sudah tertera disana. Namun terkadang masyarakat banyak yang bingung tentang bagaimana cara penggunaan obat kumur gigi yang benar dan mudah dipahami karena biasanya cara penggunaan yang tertera di kemasan obat kumur tidak memiliki cara penggunaan yang mudah dipahami.

Untuk menjelaskan kepada anda semuanya para pembaca tentang cara menggunakan obat kumur atau mouthwash yang baik dan benar dan sesuai anjuran produk, pada kesempatan kali ini kami akan membagikannya secara lengkap dan mudah dipahami yang bisa anda lihat di bawah ini.

  1. Tuangkan obat kumur ke cangkir kecil

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menggunakan obat kumur gigi yang benar, anda harus menuangkan obat kumur tersebut ke cangkir kecil. Untuk ukuran standar obat kumur yang anda masukkan ke cangkir tersebut adalah 20 ml. Namun jika anda menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan fluroida yang berlebihan maka anda cukup menuangkan 10 ml saja. Banyaknya kandungan fluroida tersebut bisa anda lihat dalam komposisi yang terdapat di luar kemasan. Namun hal ini berbeda lagi jika anda menggunakan obat kumur resep, maka jumlah yang anda gunakan tidak ada batasnya karena obat kumur resep tidak akan berbahaya sama sekali bagi kesehatan.

  1. Kumurkan ke dalam mulut

Langkah yang kedua pastinya juga mengkumurkan obat kumur tersebut. Hal yang perlu di ingat dalam hal ini jangan sampai obat kumur tersebut tertelan karena mungkin obat kumur mempunyai kandungan yang berbahaya apabila tertelan.

  1. Keluarkan

Setelah selang waktu 30 detik hingga 1 menit, maka keluarkanlah obat kumur yang anda gunakan untuk berkumur tersebut. Namun sebelum itu pastikanlah obat kumur tersebut sudah menyentuh semua area yang ada di mulut anda. Semaua rongga-rongga di mulut anda harus tersentuh oleh obat kumur tersebut, namun pastikan jangan sampai tertelan sedikitpun. Langit-langit mulut, gigi geraham, gigi depan, dan rongga mulut yang lainnya pastikan sudah terkena obat kumur tersebut lalu keluarkanlah jika sudah 30 detik hingga 1 menit.

  1. Buang obat kumur

Obat kumur yang anda gunakan untuk berkumur tersebut silahkan anda buang dalam saluran air atau washtapel. Setelah itu bersihkan washtapel tersebut agar tidak terkena cairan kimia yang ada di obat kumur tersebut.

Setelah anda melakukan cara menggunakan obat kumur gigi dengan baik yang sudah kami sebutkan di atas, hal yang harus anda perhatikan bahwa anda jangan minum air putih terlebih dahulu agar kandungan kimia yang tertinggal di dalam rongga mulut anda tidak terbawa oleh air. Hal itu dikarenakan agar kandungan tersebut meresap dan bisa menyehatkan mulut anda. Setelah selang waktu setidaknya setengah jam, maka anda boleh meminum air putih dan juga makan karena kandungan yang terdapat di dalam obat kumur tersebut sudah meresap ke seluruh rongga mulut anda.

DESKRIPSI

Obat kumur gigi harus anda gunakan dengan benar karena apabila sampai salah dalam penggunaannya maka dikhawatirkan akan menyebabkan sesuatu hal yang fatal bagi kesehatan anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

1 Response

  1. irma rismawati says:

    Mkasih ini sangat membantu sekali soal nya saya pake listerin tkut brbhya.. Kadang sya pke nya sehRi 3 x tkut klbihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *