Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Wajah untuk Remaja Puber

Bagi remaja yang sedang masuk masa puber, kamu harus tahu cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Bukan hanya sekedar menggunakan sabun cuci muka yang bagus. Karena masalah minyak pada wajah yang kamu alami sebagai remaja yang sedang masuk masa puber disebabkan oleh faktor hormone.

Maka tidak kaget jika banyak remaja yang sudah mencoba berbagai tips menghilangkan minyak berlebih pada wajah namun hasilnya nol besar. Hal tersebut bukan disebabkan caranya yang kurang manjur tapi kamu tidak tahu cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah kulit berminyak karena faktor hormone.

Masa Puber dan Hormon yang Tidak Stabil

Kamu pasti sering melihat iklan yang bisa mengatasi wajah berminyak dengan hanya menggunakan sabun cuci muka. Tapi, bukan itu saja yang kamu perlukan.

Saat masa puber tiba, yang mempengaruhi masalah wajah berminyak itu adalah produksi hormone. Pada saat itu, hormone yang diproduksi tidak stabil. Kadang naik dan tak jarang juga turun.

Pada saat itulah masalah yang berhubungan dengan kulit wajah muncul. Sebenarnya tidak hanya wajah berminyak tapi juga jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan agar bisa menghilangkan minyak berlebih pada wajah? Tentu saja menstabilkan produksi hormone.

Cara Menstabilkan Produksi Hormon

Ini hal yang terpenting, yaitu bagaimana cara menstabilkan produksi hormone di dalam tubuh. Dengan menerapkan cara tersebut, otamatis kamu sudah menerapkan cara untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Cara pertama dan paling utama yang harus kamu terapkan adalah sebisa mungkin menghindari mengkonsumsi makanan fast food. Alasannya sederhana. Selain tidak sehat, kandungan di dalam fast food lebih banyak berupa gula. Dan jika kadar gula dalam tubuh kamu fluktuatif, maka tubuh akan merespon dengan mengeluarkan hormone lebih banyak. Kamu tahu sendiri akibatnya, bukan?

Selain itu, kebanyakan fast food juga banyak mengandung minyak. Dan inilah merupakan salah satu penyebab kulit berminyak.

Akan lebih baik jika kamu mengganti dengan makanan yang sehat yang kandungan seratnya tinggi seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar. Serat akan memastikan sistem pencernaan bekerja maksimal sehingga nutrisi bisa diserap dan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Jika kamu sedang bersantai, kamu bisa siapkan green tea sebagai teman. Minuman ini akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh di mana kolagen itu sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu, green tea juga akan menyeimbangkan hormone sehingga masalah minyak berlebih pada wajah bisa diatasi.

Lalu, bagaimana dengan membersihkan wajah dengan sabun? Tentu saja kamu masih memerlukannya. Hanya saja membersihkan wajah lebih bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah. Apalagi saat wajah berminyak. Tentu kotoran akan lebih mudah menempel pada wajah, bukan?

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda fokus terhadap dua hal. Yang pertama, kamu harus menerapkan cara agar menstabilkan hormone. Yang kedua, membersihkan wajah secara dua kali sehari dengan menggunakan sabun cuci muka yang bagus.

Jadi, kamu sudah tahu sekarang apa yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah karena faktor hormone. Jangan sampai kamu menerapkan cara yang tidak tepat. Penyebab minyak berlebih yang kamu alami adalah karena faktor hormone. Jadi, perlu cara yang tepat untuk menghilangkan minyak berlebihan pada kulit wajah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *