Cara Menghilangkan Plak dan Karang pada Gigi Di Rumah

 

Cara menghilangkan plak pada gigi yang sudah terlalu lama menumpuk biasanya dilakukan di dokter gigi. Apalagi, kalau plak sudah lama menumpuk dan akhirnya mulai menjadi karang gigi. Alhasil, biaya yang perlu dikeluarkan untuk ke dokter gigi hanya untuk membersihkan plak dan karang gigi bisa menjadi cukup mahal. Ditambah lagi dengan lamanya menunggu antrian atau perjanjian dengan dokter gigi yang menghabiskan waktu cukup banyak.

Jadi bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi yang bahkan sudah menjadi berkarang dengan mudah dan cepat?

Jika kamu mengikuti cara menghilangkan plak pada gigi ini, kamu tidak perlu menghabisakan waktu dan mengeluarkan biaya banyak untuk berkunjung ke dokter gigi. Bahkan, kamu bisa melakukan hal ini di rumah saja, dengan menggunakan bahan – bahan yang mudah dicari.

Bahan – bahan yang diperlukan:

  1. Bubuk soda kue
  2. Garam
  3. Sikat gigi
  4. Air
  5. Hidrogen Peroksida (H2O2)
  6. Tusuk gigi
  7. Obat kumur gigi antiseptik

Bahan – bahan tersebut mudah didapatkan, bukan? Jika kamu bingung dimana kamu bisa mencari hidrogen peroksida, kamu bisa mendapatkannya di apotik dengan harga yang juga tidak mahal.

Jika semua bahan sudah terkumpul, yang kamu perlu lakukan adalah untuk mencampur satu sendok makan bubuk soda kue dengan setengah sendok teh garam. Lalu, tambahkan sedikit air dan campur hingga menjadi kental seperti pasta gigi. Gunakan campuran ini untuk menyikat gigi tanpa membasahkan mulut terlebih dahulu, lalu bilas dengan berkumur. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai campuran soda kue dan garam habis.

Selanjutnya, berkumurlah dengan campuran satu gelas hidrogen peroksida dan setengah gelas air hangat untuk menghilangkan plak gigi yang sudah bisa terlepas setelah di sikat. Jangan lupa juga untuk berkumur kembali dengan air dingin setelahnya.

Langkah berikutnya adalah untuk membersihkan sisa – sisa karang gigi yang tertinggal dengan menggunkan tusuk gigi. Karena gigi sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan soda kue, plak dan karang gigi akan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi, kamu perlu sedikit berhati – hati dengan cara menghilangkan plak pada gigi ini, terutama di bagian – bagian yang berkarang dan mendekati gusi. Jika tidak berhati – hati, gusi bisa menjadi terluka.

Kamu tidak perlu membersihkan semua plak dan karang gigi yang menempel jika masih sulit untuk dibersihkan, hanya bagian yang mudah dibersihkan dahulu saja. Selepas itu, berkumurlah kembali dengan obat kumur gigi, agar mulut terasa segar dan bakteri yang tertinggal hilang.

Hasil dari cara menghilangkan plak dan karang pada gigi ini memang akan berbeda – beda, tergantung dari seberapa parah masalah plak dan karang gigi dan berapa lama masalah tersebut dibiarkan. Karena plak dan karang gigi yang terlalu lama dibiarkan dan tidak dibersihkan akan menumpuk dan menjadi lebih sulit untuk dibersihkan. Jika hal ini yang terjadi dengan gigi kamu, maka kamu perlu melakukan cara membersikan plak dan karang pada gigi ini setiap dua hari sekali sampai plak dan karang sudah bersih.

Untuk mencegah agar plak dan karang gigi tidak kembali, pastikan untuk rajin menyikat gigi serta berkumur dengan obat kumur gigi. Menjaga kebersihan itu memang sangat penting, makanya kamu perlu mencoba cara menghilangkan plak pada gigi serta karang yang sangat mudah dan cukup efektif ini di rumah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *