Cara Menghilangkan Plak pada Gigi dan Mencegahnya Kembali

Cara menghilangkan plak pada gigi merupakan pembahasan yang terus dicari oleh masyarakat mengingat masalah plak gigi menjadi masalah yang sering terjadi pada mulut. Maka dalam pembahasan kali ini, selain akan diberitahu bagaimana cara menghilangkan plak, akan pula diberitahu cara mencegahnya sehingga masalah ini tidak akan terus terjadi berulang.

Plak yang terjadi diakibatkan oleh sisa makanan yang menempel pada gigi yang tidak disadari sehingga mengeras dan menempel pada gigi akan membentuk karang gigi yang sulit dibersihkan. Maka cara untuk menghilangkannya haruslah dilakukan beberapa langkah nyata yang harus ditempuh secara medis ataupun selanjutnya perawatan di rumah. Dalam hal ini, pencegahan harus dilakukan sebelum bertambah parah. Karena plak yang telah mengeras menjadi karang gigi harus dibersihkan oleh dokter gigi.

Gigi manusia yang hanya tumbuh sekali setelah lepasnya gigi susu membuat kesehatan mulut dan gigi senantiasa harus dijaga. Pencegahan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan rajin menyikat gigi, minimal setiap sesudah makan dan menjelang tidur. Para dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari pada waktu-waktu yang tertentu. Setelah makan karena untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi dan sebelum tidur yang akan mengurangi produksi bakteri yang menyebabkan plak pada gigi. Jika hal ini sulit dilakukan, sering-seringlah berkumur dengan air putih untuk menimalisirnya.

Cara lain yang dapat dilakukan dalam menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi dengan siwak. Apa itu siwak? Siwak adalah sikat gigi yang menggunakan kayu siwak yang sudah dikenal mampu membersihkan gigi dari pengaruh plak yang berbahaya. Cara ini termasuk lama dan harus konsisten dalam melakukannya, namun hasilnya dapat dinilai sama jika melakukan scaling. Siwak telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut dari berbagai penyakit. Maka tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menggunakan siwak sebagai salah satu cara menghilangkan plak pada gigi.

Selanjutnya, jika ingin menghilangkan plak pada gigi, cobalah menggunakan getah buah sukun. Dalam kepercayaan orang tanah Jawa, getah buah sukun dapat mengobati berbagai penyakit gigi dan dapat menghilangkan karang gigi secara efektif. Cara ini tentu aman karena menggunakan bahan alami.

Setelah mengetahui berbagai cara menghilangkan plak pada gigi, maka kini Anda harus mengetahui cara untuk mencegah plak itu datang kembali. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan penyebab plak pada gigi, karena makanan merupakan faktor utama pemicu tumbuhnya plak pada gigi. Kopi dan teh merupakan salah satu hal yang harus dihindari konsumsinya jika berlebihan. Zat-zat pada kopi dan teh mengandung kafein yang dapat memicu plak untuk tumbuh makin cepat dibanding jika Anda tidak meminumnya. Jika memang harus meminum kopi atau teh, maka segera berkumur dengan air putih untuk menghilangkan sisa kafein tersebut.

Jika memang plak sudah menyebar dan menjadi karang gigi yang harus dibersihkan oleh dokter, maka rawatlah gigi Anda dengan senantiasa menjaganya menggunakan perawatan gigi yang lengkap, seperti menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur gigi yang sesuai dengan kebutuhan mulut Anda dan jika perlu gunakanlah benang gigi yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi Anda. Ketika semua itu telah dilakukan, tentu itulah usaha optimal dalam cara menghilangkan plak pada gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *