Cara Menghilangkan Plak pada Gigi hanya Sehari, Mau?

Pasti kamu sedang mendapati adanya plak pada gigimu ya? Sesuatu berwarna kuning di area gigi itu akan sangat mengganggu penampilanmu tentunya. Apalagi, plak ini menjadi salah satu faktor penyebab gigi berlubang dan bau mulut juga lho.

Plak gigi ini sebenarnya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang kamu makan sehari-harinya yang tak segera kamu bersihkan (lebih dari dua hari), yang kemudian bercampur dengan kuman dan bakteri yang ada di mulutmu. Jadi dapat disimpulkan bahwa plak gigi adalah karena sisa-sisa makanan, kuman dan bakteri ya.

Nah, mumpung masalah plak gigimu belum terlalu parah, maka masih dapat dengan mudah dihilangkan kok, tentu dengan niat yang kuat serta cara pembersihan yang benar ya. Bagamana caranya? Berikut ini adalah 4 cara menghilangkan plak pada gigi yang patut kamu coba. Bahkan, diantaranya dapat menghilangkan plak gigimu hanya dalam sehari lho. Mau? Simak ulasannya.

  1. Tingkatkan Produksi Air Liur

Tahu nggak, sebenarnya air liur inilah yang berperan sangat penting dalam mengusir kuman-kuman dan bakteri jahat yang ada di mulutmu. Sesuatu yang seringkali dianggap menjijikkan dan berbau ini akan menggilas kuman dan bakteri secara kimiawi dengan cepat lho. Jadi yang harus kamu lakukan adalah dengan memperbanyak produksi air liurmu. Semakin banyak air liur, maka akan semakin banyak juga kuman dan bakteri yang akan hilang dari mulutmu.

Lalu, bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan banyak mengunyah. Karena setiap kali mengunyah, itulah waktu dimana air liurmu diproduksi. Kunyahlah makanan apapun dan jangan biarkan mulutmu menjadi kering ya, karena akan terjadi bau mulut.

  1. Gosok Gigi

Sisa-sisa makanan yang menempel dan menjadi plak pasti disebabkan karena gigi yang tidak dibersihkan setelah makan. Nah, agar plak dapat berkurang atau tidak semakin banyak, jangan biarkan hal tersebut terjadi berulang-ulang ya. Mulai sekarang gosoklah gigimu setidaknya dua kali sehari ya, dan harus lebih sering apabila kamu sering makan juga. Pastikan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride dan antiseptic.

  1. Berkumur

Kuman penyebab plak tak hanya ada di gigi lho, tapi ada di seluruh rongga mulutmu. Jadi, apakah menggosok gigi saja sudah cukup? Tentu saja tidak! Gosok gigi hanya membersihkan 25% dari seluruh area mulutmu, sisanya tentu masih dipenuhi kuman. Namun tenang saja, dengan berkumur dan menggosok gigi makan 100% area mulutmu akan terjaga kok.

Berkumurlah menggunakan obat kumur gigi merek LISTERINE cukup dua kali sehari setiap setelah menggosok gigi ya. Setiap kumuran 30 detik, itulah waktu dimana mulutmu dibersihkan dari kuman dan bakteri.

  1. Bleaching

Bleaching merupakan cara yang sangat cepat untuk membuat gigi jadi putih dan bebas plak. Bleaching sendiri merupakan operasi dengan cara mengoleskan cairan khusus, sehingga bisa disebut menambal seluruh gigi. Namun, cara ini tidak permanen ya, karena hanya bertahan tidak lebih dari 4 tahun. Dan juga butuh uang yang cukup (kurang dari 4 juta) untuk melakukan operasi ini.

Nah, apabila kamu punya cukup banyak uang, pergilah ke PUSKESMAS atau rumah sakit yang menyediakan Bleaching dan kamu akan dapati gigi bebas plak hanya dalam sehari.

Itulah 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan plak pada gigi. Dengan tidak mengeluarkan uang, tentu mengatasi masalah ini butuh waktu yang cukup lama namun hasilnya permanen. Pilih mana? Tentukan sendiri ya. Semoga artikel ini bermafaat bagi kamu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *