Cara Menjaga Kesehatan Gigi Berbehel

Cara menjaga kesehatan gigi bagi Anda yang berbehel pasti membutuhkan perawatan dan perhatian khusus dalam menjaganya agar konstruksi behel pada gigi tidak rusak. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan gigi berbehel. Berikut akan dijelaskan berbagai kiat dalam menjaganya.

  1. Metode Menyikat Gigi Behel

Sama seperti gigi normal, dalam menyikat gigi berbehel juga butuh disikat 2 kali sehari yaitu setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Namun, jangan langsung setelah makan Anda menyikatnya, tunggulah paling tidak 1 jam setelah makan agar nutrisi dari makanan yang dikonsumsi diserap oleh gigi. Dalam menyikatnya disarankan untuk menggunakan sikat gigi khusus yang diperuntukkan untuk menyikat gigi behel. Bentuk sikat gigi khusus ini pun unik, bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Sikat gigi ini bisa Anda dapatkan di dokter gigi dan bahkan supermarket tertentu. Dalam cara menyikatnya pun ada tersendiri yaitu:

  • Sikatlah gigi atas dan depan seperti biasa, lalu sikat sisi atas behel pada bagian tersebut perlahan. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada behel gigi bawah.
  • Cobalah untuk menyikat gigi demi gigi dengan mengikuti alur gigi dan gusi. Sikat pula gigi bagian dalam dan belakang mulut.
  • Kemudian bersihkan bracket behel dengan cara menyudutkan kepala sikat kearah bracket. Bersihkan pula bagian bawah behel dan pastikan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang menempel. Setelah menyikat, usahakan untuk berkumur menggunakan obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan gigi Anda atau yang disarankan oleh dokter gigi untuk membantu Anda membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi khusus behel Anda.
  1. Jauhi Makanan yang Bertekstur Keras

Ketika makan, tentunya akan sangat tidak nyaman jika tiba-tiba ada bracket yang terlepas. Maka dari itu hendaknya menjauhi makanan yang bertekstur keras dan sulit untuk dikunyah karena akan dapat mengganggu proses penggeseran gigi dan dapat membuat bracket behel lepas. Jika tetap ingin memakannya, maka potonglah makanan tersebut menjadi bagian-bagian kecil agar mudah untuk dikunyah.

  1. Hindari Makanan yang Lengket

Memakan dodol atau kramel yang bertekstur lengket akan membuat gigi dan behel susah dibersihkan. Hal ini terjadi karena sisa makanan yang menempel pada gigi akan menimbulkan plak sehingga akan membuat gigi keropos. Selanjutnya plak yang sudah menjadi karang jika menempel pada bracket gigi akan membuat bracket tersebut lepas dari gigi.

  1. Usahakan Kontrol Setiap 1 Bulan Sekali

Dalam cara menjaga kesehatan gigi berbehel juga membutuhkan bantuan dokter gigi. Saat memutuskan untuk memakai behel maka salah satu resikonya adalah untuk melakukan kontrol setiap 1 bulan sekali ke dokter gigi Anda. Hal ini dilakukan untuk melakukan penggantian karet behel dan untuk mengetahui sudah seberapa jauh tahapan penggeseran gigi yang diharapkan. Keluhan selama memakai behel juga dapat dilakukan pada saat kontrol behel. Dokter gigi pun dapat mengecek apakah behel yang dipasang bekerja dengan baik atau tidak.

  1. Memperbanyak Konsumsi Vitamin C

Kenapa harus mengonsumsi banyak vitamin C untuk gigi berbehel? Hal ini harus dilakukan karena ketika seseorang memakai behel, maka ia akan rentan terkena sariawan akibat gesekan dari behel dengan dinding dalam mulut. Keberadaan ujung kawat di dalam mulut juga dapat menusuk dinding mulut karena adanya pergeseran gigi yang membuat ujung kawat menjadi bertambah panjang. Fenomena seperti inilah yang akan menyakiti mulut Anda dan mengakibatkan sariawan. Maka dari itu dengan mengkonsumsi vitamin C dan obat sariawan akan menjadi obat manjur untuk mengatasinya. Untuk ujung kawat gigi yang tajam, Anda dapat menggunakan wax ortho yang berupa lilin sebagai penutup ujung behel tersebut. Maka inilah hal terakhir yang harus diperhatikan dalam cara menjaga kesehatan gigi bagi Anda yang berbehel.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *