Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Baik dan Benar

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diketahui dan dilakukan karena gigi dan mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga dan dirawatnya secara sehat. Gigi berfungsi sebagai pengunyah makanan yang akan kita konsumsi dan kita masukkan ke organ tubuh kita.

Tanpa gigi, mungkin manusia akan kesulitan dalam mengonsumsi makanan karena makanan rata-rata memiliki tekstur yang keras dan juga alot, sehingga gigi ini sangat penting bagi kita sebagai manusia.

Selain itu, gigi juga berguna untuk mempercantik penampilan kita. Dengan gigi yang putih dan bersih, maka kita akan terlihat lebih menarik dan terlihat lebih mahal dibandingkan dengan orang yang mempunyai gigi yang tidak pernah dirawat. Namun dengan banyaknya kegunaan gigi tersebut pasti perawatannya juga sangat sulit karena jika sampai salah merawatnya bahkan tidak pernah dirawat sekalipun gigi akan menjadi rusak dan tidak tampak indah lagi sebagai mana mestinya. Selain itu, makanan yang kita konsumsi pun juga penuh dengan bakteri karena bakteri dan kuman yang ada pada gigi akan terbawa oleh makanan yang kita kunyah tersebut.

Namun perawatan gigi yang baik dan benar ini tidak membutuhkan biaya yang ekstra. Sebenarnya perawatan gigi kelas atas seperti behel gigi, penambalan gigi, dan pemutih permukaan gigi tidak perlu anda lakukan karena itu harus membutuhkan biaya yang sangat mahal namun belum tentu membuahkan hasil yang positif. Cara menjaga kesehatan gigi yang benar adalah dengan mengatur pola hidup sehat anda setiap harinya. Sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan namun hal ini terlihat sulit bagi orang pemalas dan tidak mempunyai kepedulian terhadap gigi. Untuk mengetahui cara-cara yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan gigi bisa anda lihat sebagai berikut.

  1. Rajin menggosok gigi

Rajin menggosok gigi merupakan kunci bagaimana usaha anda dalam menjaga kesehatan gigi anda sendiri. Menggosok gigi ini sangat banyak gunanya, selain membersihkan dan memutihkan gigi anda kembali, dengan menggosok gigi ini juga bisa menyehatkan makanan yang anda konsumsi karena tidak tercampur dengan bakteri yang ada di gigi anda.

  1. Menggunakan obat kumur

Obat kumur akhir-akhir ini semakin banyak jenis dan mereknya yang hadir di pasaran. Namun anda tentu juga harus berhati-hati dalam memilih obat kumur karena tidak semua obat kumur baik untuk gigi anda. Pastikan anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menentukan obat kumur yang baik untuk anda. Setelah menemukan obat kumur yang pas, sebaiknya anda menggunakan obat kumur tersebut setelah menggosok gigi agar bisa menghilangkan kuman secara sempurna.

  1. Mengatur makanan yang dikonsumsi

Dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi, sebaiknya anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mempunyai kadar gula dan tingkat keasaman terlalu tinggi. Karena dua faktor tersebut tidak sehat bagi gigi anda dan dapat merusak gigi anda.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol memang tidak ada gunanya bagi tubuh kita. Salah satu bukti bahayanya rokok dan alkohol adalah bisa merusak gigi dan membuat gigi kita menjadi kuning walaupun kita sikat gigi secara rutin. Hal itu karena dengan kondisi rokok dan alkohol yang sangat panas akan membuat organ tubuh kita termasuk gigi juga tidak kuat dan akan rusak.

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran ini juga bisa menyehatkan gigi anda. Untuk buah yang bagus bagi gigi adalah apel dan beberapa buah lainnya yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, dan sebagainya. Untuk sayuran, mungkin sayuran yang bertekstur hijau seperti sawi, bayam, dan seledri juga bisa membuat gigi kita menjadi kuat dan tidak akan mudah rusak.

Dengan beberapa tips yang kami hadirkan di atas bisa menjadi cara menjaga kesehatan gigi secara efektif dan juga sangat baik untuk anda lakukan, selain itu juga tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *