Cara Paling Mudah Mencari Sabun Cuci Muka yang Bagus

Sekarang banyak pilihan sabun yang menjanjikan mampu membersihkan muka Anda secara maksimal. Dan semuanya mengaku bahwa produknya itu adalah sabun cuci muka yang bagus.

Tetapi Anda jangan percaya begitu saja. Kenapa? Apa mereka berbohong? Tidak, bukan itu masalahnya. Semua sabun memang bagus untuk wajah. Asalkan digunakan di wajah yang tepat.

Tidak semua sabun bisa dipakai pada wajah yang berkulit sensitif. Atau kata mudahnya begini, kulit wajah yang berpori-pori besar beda sabunnya dengan kulit wajah yang berpori-pori kecil.

Begitupun juga kulit wajah yang memiliki minyak berlebih beda sabunnya dengan kulit wajah yang kering. Untuk itu, sebelum memilih sabun sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis kulit anda.

Setelah Anda mengetahui jenis kulit wajah anda, Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis sabun di bawah ini.

1. Kulit wajah yang berminyak berlebih
Sabun cuci muka yang bagus untuk kulit wajah yang berminyak berlebih sebaiknya Anda menggunakan jenis sabun yang mengandung banyak busa. Agar bisa mengurangi volume minyak wajah anda.

2. Kulit wajah yang kering
Kalau kulit wajah Anda temasuk kategori kulit yang kering sebaiknya Anda menghindari sabun yang banyak busanya. Karena akan membuat wajah Anda semakin kering. Dan itu sangat berbahaya untuk kesehatan wajah anda. Bisa-bisa wajah Anda terkena kanker.

3. Kulit wajah yang berjerawat
Biasanya sabun yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah yang mengandung merkuri dan hidroquinon. Tetapi efek sampingnya bisa menimbulkan kanker. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari sabun jerawat yang mengandung dua unsur kimia ini.

Selain itu ada bahan berbahaya lainnya di dalam sabun cuci muka yang bagus untuk kulit berjerawat, yaitu trietanolamin (TEA) dan sodium lauril sulfat (SLS) serta amonium lauril sulfat (ALS). Ketiga bahan tersebut sangat berbahaya untuk kulit.

Memang untuk kulit yang cocok, akan cepat menghilangkan jerawat dan lebih cepat membuat wajah semakin cerah. Tetapi efek jangka panjangnya bisa menimbulkan radang kulit wajah hingga kanker. Mengerikan bukan?

Kalau Anda kerepotan untuk mengenali kulit wajah ada, Anda bisa mengunakan sabun yang mengandung bahan-bahan alami seperti di bawah ini;

1. Minyak esensial
Minyak esensial adalah ekstrak dari berbagai tumbuh-tumbuhan dan mampu merawat kulit wajah dengan baik. Sabun ini bisa digunakan oleh semua jenis wajah.

2. Minyak zaitun
Selain untuk kesehatan tubuh minyak zaitun juga bagus untuk merawat kulit wajah. Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya mampu menangkal reaksi radikal bebas. Dan mencegah berbagai penyakit kulit lainnya. Minyak zaitun ini sudah lama digunakan oleh nenek moyang.

3. Ekstrak lemon dan pepaya
Selain kedua unsur di atas, lemon dan pepaya juga juga sering digunakan untuk sabun cuci muka alami. Karena kedua buah tersebut memiliki kandungan vitamin E yang lebih dominan sehingga mampu melindungi kulit wajah Anda secara maksimal.

4. Beras dan Susu
Pastikan sabun yang Anda mengandung beras dan susu. Karena keduanya mampu menjaga PH kulit Anda tetap stabil. Kalau di kalangan pesantren, biasanya air bekas perasan beras digunakan untuk mencuci muka. Setelah itu didiamkan 10-15 menit. Kemudian dibilas dengan air bersih. Dan terbukti mampu mengencangkan kulit wajah secara alami.

Itulah cara paling mudah mencari sabun cuci muka yang bagus untuk kulit anda. Jangan pernah sembarangan memilih sabun karena akibatnya bisa fatal. Ingat itu!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *