Faktor Genetik dan Perawatan Wajah Kusam

Yang ingin ditekankan dari judul tersebut di atas adalah bagaimana cara merawat wajah kusam yang disebabkan oleh faktor genetik. Lebih sederhananya lagi, jika kamu memiliki masalah wajah yang kusam karena faktor genetik, bisakah masalah tersebut diselesaikan.

Jawabannya ada di dalam penjelasan singkat berikut ini. Jawaban yang pasti membuat kamu yakin siapapun bisa memiliki wajah yang cerah, termasuk kamu sendiri.

Genetik Bukan Masalah

Banyak orang yang menyerah dengan keadaan. Mereka memiliki wajah yang kusam karena orang tua mereka memang memiliki wajah yang kusam, cenderung sawo matang, tidak cerah.

Orang Indonesia kebanyakan memiliki warna kulit sawo matang. Tidak seperti orang Eropa atau China yang kulitnya putih dan sedikit kuning.

Namun, bukan berarti kamu sebagai orang Indonesia tidak bisa memiliki wajah yang cerah ya. Harus diketahui, wajah yang kusam itu lawannya wajah yang cerah, bukan wajah yang putih. Yang benar adalah wajah yang cerah, bersih, dan terlihat segar.

Jadi, tidak masalah jika kamu merasa memiliki wajah kusam karena faktor gen. kamu harus tahu ada melanin di setiap kulit. Melanin inilah yang menentukan seberapa cerah kulit kita.

Melanin ini bisa saja tidak bekerja maksimal. Sekalipun ada orang yang lahir dari orang tua yang berwarna kulit cerah, mungkin saja ia akan memiliki kulit wajah gelap karena melanin tidak bekerja maksimal.

Atau malah ia menggunakan produk tertentu yang mengandung pemutih kulit tambahan di mana hal tersebut ustru bisa membuat penurunan produksi melanin.

Yang harus dipahami di sini adalah kulit mengandung melanin. Dan melanin inilah yang menyebabkan kulit cerah. Tinggal kita cari tahu bagaimana cara memanfaatkan melanin secara maksimal.

Jadi, apakah wajah kusam karena faktor genetik bisa diatasi? Tentu saja bisa.

Merawat Wajah Kusam

Kata kuncinya adalah bagaimana memanfaatkan melanin yang sudah dikaruniakan oleh Tuhan di tubuh kita. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan wajah kusam secara aman dan alami.

Kenapa harus aman dan alami? Karena dengan cara itulah kita tidak akan mengurangi produksi melanin di dalam tubuh. Justru jika kamu menggunakan produk kecantikan dengan bahan pemutih yang ternyata berbahaya, produksi melanin akan menurun.

Akan lebih baik jika kamu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari saja. Jika setiap hari kamu harus keluar rumah untuk bekerja dan lebih sering bertatapan langsung dengan sinar UV, maka sebaiknya lindungi wajah kamu dengan cara mengaplikasikan tabir surya.

Selain itu, bagian lain dari perawatan wajah yang kusam adalah mengoleskan masker yang terbuat dari bahan alami. Waktu weekend atau sedang cuti, sebaiknya kamu gunakan sebaik-baiknya untuk memanjakan diri.

Salah satunya kamu bisa merawat wajah dengan cara mengaplikasikan masker wajah yang terbuat dari bahan alami. Untuk merawat wajah kusam, sebaiknya kamu menggunakan masker madu saja. Selain efektif mengatasi wajah kusam, cara membuat masker ini juga cenderung lebih simple daripada masker alami lainnya.

Jadi, sudah siap untuk menerapkan cara perawatan wajah yang kusam tersebut?

Jangan khawatir. Walaupun karena gen, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki wajah yang cerah ya.

Dan yang penting, perawatan harus bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Sementara itu, wajah yang bersih, sehat, dan terlihat cerah hanya reward saja dari proses yang kamu jalani untuk menjaga kesehatan wajah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *