Hal Sederhana Untuk Meningkatkan Kesan Pertama

tips meningkatkan kesan pertama

sumber: http://onlinecareertips.com

Penampilan adalah salah satu hal yang dapat mencerminkan kepribadian dari seseorang. Seseorang yang berpenampilan rapi pasti memiliki pola kerja rapid an tersusun. Begitupun orang yang memiliki penampilan acak-acakan pasti orang tersebut dinilai tidak disiplin atau pun tertib pada aturan. Memang tidak selamanya penilaian tersebut benar. Namun, sampai sekarang cara tersebutlah yang sering digunakan dimasyarakat.

Untuk menunjang penampilan anda, perlu anda perhatikan bagaimana cara berpakaian yang baik sehingga mampu menciptakan kesan pertama bagi orang lain. Entah itu dengan calon partner bisnis Anda, wanita asing, atau siapapun.

Perlu kita sepakati terlebih dahulu. Bahwa anda tidaklah bisa memaksa orang lain untuk menerima segala keadaan anda. Karena orang lain juga memiliki zona pribadi mereka masing-masing. Untuk itu perlu anda melakukan beberapa trik untuk menarik perhatian orang lain.

Menurut Dr. Lynn Carol Miller, seorang psikolog dari Scripss College mengatakan bahwa seseorang lebih suka mendengarkan dan memperhatikan lawan bicaranya yang memiliki penampilan menarik dan tidak biasa. Seorang juga dapat lebih mengingat perkataan orang tersebut.

Ditinjau dari segi psikologis, orang yang tampil dengan nyaman dan menarik, dia akan lebih percaya diri dalam menyampaikan sesuatu. Sehingga lawan bicaranya juga bisa fokus dan tidak terganggu dengan penampilan yang acak-acakan.

Ternyata, tidaklah hanya dari segi penampilan saja yang membentuk kesan pertama yang baik, berikut ini adalah tiga hal sederhana untuk meningkatkan kesan pertama Anda:

  1. Cleanliness

Kebersihan diri adalah hal yang penting, baik itu pakaian yang Anda kenakan ataupun kebersihan diri. Pada dasarnya, seseorang akan memperhatikan apa yang ada di depannya sebelum dia memperhatikan yang lain. Semuanya dapat berawal dari kebersihan. Jangan pernah melupakan untuk membersihkan diri setiap saat, cara sederhana yang dapat anda lakukan adalah menggunakan parfum dan memperhatikan grooming Anda.

  1. Handshake

Setelah Anda sudah bersih dan percaya diri juga sudahbail. Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah berjabat tangan. Dalam situasi yang cukup formal, berjabat tangan dan senyum adalah hal yang sudah pasti Anda lakukan saat bertemu dengan seseorang. Namun, perhatikan cara berjabat tangan anda. Sehingga tidak akan malah menbuat anda dipandang aneh oleh lawan bicara anda. Sesuaikan dengan dimana dan dengan siapa anda bertemu saat itu.

Memiliki genggaman yang lemah akan membuat Anda terkesan minder atau tidak percaya diri. Namun terlalu kuat juga malah akan membuat orang tersebut menjadi tidak nyaman. Cukup genggam orang tersebut dengan tegas, eye contact, ayunkan dua kali dan lepaskan. Berjabat tangan adalah sesuatu yang mirip dengan menyampaikan “business card” Anda dan seseorang mungkin dapat menilai dengan cepat dari hal tersebut.

  1. Eye Contact

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan kesan pertama adalah “eye contact”. Yang dimakud adalah pandangan mata yang memberikan hal positif untuk kesan pertama Anda.

Ketika Anda memulai perbincangan, dan ingin menyampaikan sesuatu, jangan lupa untuk melihat mata lawan bicara Anda. Pandangan mata yang munuju ke bawah akan memberikan kesan yang kurang percaya diri atau minder.

Poin terpentingnya adalah “Don’t over do it” atau hindarilah tatapan yang terlalu tajam yang dapat membuat lawan bicara Anda takut dan tidak nyaman.

Nah itulah trik sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesan pertama yang baik kepada orang lain. Sebagai tambahan cobalah melatih diri anda terlebih dahulu dengan teman anda atau berlatih sendiri di depan cermin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *