Hanya Tiga Langkah Ini yang Kamu Perlukan Untuk Jaga Kesehatan Gigi!

Banyak sekali hal yang bisa terjadi jika kesehatan gigi tidak terjaga dengan baik dan benar. Bisa itu sakit gigi, gigi berlubang, permasalahan gusi, hingga masalah bau napas tak sedap. Seringkali, orang menganggap kesehatan gigi sebagai hal yang sepele, kecuali ketika sudah menjadi parah dan sangat mengganggu. Belum lagi jika masalah gigi sudah semakin parah, kamu akan perlu meluangkan waktu dan biaya lagi untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Jadi semakin ribet kan?


Sebaiknya, kesehatan gigi justru harus terus dijaga sebelum masalah-masalah gigi mulai timbul. Ketika sudah bermasalah, selain akan menggangu kamu melakukan kegiatan sehari-hari, rasa percaya diri juga bisa jadi berkurang hanya karena masalah gigi berlubang atau bau napas yang tidak segar.
Kuncinya, adalah dengan menjaga kebersihan gigi dengan cara yang tepat agar tidak ada lagi kotoran atau bahkan kuman-kuman yang tertinggal di gigi dan mulut.

Lakukan cara sikat gigi yang benar
Ketika menyikat gigi, lakukan dengan cara yang benar selama setidaknya 2 menit dan lakukan secara merata. Pastikan kamu tidak hanya menyikat bagian atas gigi yang terlihat saja, kampu juga perlu menyikat bagian bawah gigi yang mendekati gusi. Jika kamu tidak biasa melakukan ini, membersihkan bagian bawah gigi bisa terasa sedikit sakit atau menyebabkan gusi berdarah. Akan tetapi, jika dibiarkan saja kotoran yang terselip antara gigi dan gusi lama kelamaan bisa berubah menjadi plak dan bahkan menjadi kerak gigi.
Jangan lupa juga untuk menyikat semua gigi, hingga ke gigi yang terletak di bagian paling belakang mulut. Gigi graham yang paling belakang pastinya tetap digunakan untuk mengunyah makanan, akan tetapi sering sekali tidak terkena bulu sikat gigi karena posisinya yang sulit dijangkau. Jangan lupa juga untuk menyikat dan membersihkan lidah, ya.

Bersihkan kotoran yang terselip dengan benang gigi
Ketika ada kotoran sisa makanan yang terselip diantara gigi, kebanyak orang akan memilih untuk menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan dengan cepat. Akan tetapi, menggunakan tusuk gigi justru dapat menyebabkan gusi berdarah. Sebaiknya, gunakan benang gigi, yang tentunya lebih tipis dibandingkan tusuk gigi sehingga tidak akan merenggangkan gigi, dan mengurangi resiko gusi berdarah jika digunakan dengan cara yang benar. Benang gigi juga dapat membersihkan kotoran yang seringkali tidak bisa tercapai bulu sikat gigi, lho!

Bilas dengan obat kumur
Ketika kotoran di gigi dan mulut sudah dibersihkan dengan sikat gigi dan benang gigi, tentunya kamu perlu membilas untuk memastikan kotoran yang sudah tidak menempel pada gigi juga tidak tertinggal di mulut. Walaupun menggunakan air biasa juga sudah bisa membilas kotoran yang ada di mulut, ada baiknya jika kamu memilih untuk menggunakan obat kumur antiseptik.
Alasannya, karena obat kumur antiseptik tidak hanya bekerja untuk membilas dan membersihkan kotoran yang tertinggal. Obat kumur juga bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri di mulut dan membantu penyembuhan gusi yang luka atau berdarah setelah terkena bulu sikat gigi atau benang gigi. Karena berbentuk cairan, obat kumur juga dapat menjangkau seluruh bagian mulut yang mungkin terlewat untuk dibersihkan.
Sebagai tambahan, obat kumur biasanya memiliki rasa mint yang segar, yang bisa membantu mengatasi masalah bau mulut sehingga mulut kamu pun terasa lebih segar.

Memastikan kesehatan gigi terjaga tidak sulit, bukan? Jika kamu membiasakan diri untuk melakukan tiga langkah tadi, setidaknya kamu sudah sangat membantu mengurangi resiko terjadinya masalah gigi dan mulut yang bisa jadi sangat mengganggu itu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *