Ingin Wajahmu Bersih dan Tak Berjerawat? Ini Dia Tipsnya!

Jerawat memang suatu hal yang menyebalkan. Nah, kamu harus tahu bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat tersebut. Kadang kemunculannya tak terduga, bisa muncul kapan pun dan di usia berapa pun. Namun, perubahan kadar hormon selama masa puber juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Hormon tersebut berdampak kepada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit. Maka dari itu, jika produksi sebum pada wajah bertambah, kotoran dan sel kulit mati akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Tidak hanya itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan masa kehamilan. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebabnya, mungkin saja orang tua kamu memiliki jerawat juga di wajahnya. Kamu harus berhati-hati dan mengantisipasi semuanya sejak dini agar terhindar dari jerawat yang membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Namun, jika jerawat sudah terlanjur muncul di wajah kamu dan tidak bisa dihindari lagi, kamu perlu melakukan tindakan secepatnya. Yang pertama, penting untuk menjaga kebersihan kulit di area wajah yang berjerawat, meski kamu harus bersabar karena hasilnya tak instan. Lalu, Kamu juga bisa membasuh area wajah sebanyak dua kali sehari dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah. Hal ini dilakukan agar kulit tidak mengalami gatal-gatal dan iritasi. Perlu diingat bahwa jangan menggosok kulit terlalu kencang karena kulit mudah terkelupas.

Apabila cara diatas sudah dilakukan, selanjutnya kamu bisa menggunakan pelembap atau krim wajah sebelum tidur. Kamu tak perlu takut karena saat ini sebagian besar produk pelembap atau krim wajah telah melalui tahap pengujian agar tidak menimbulkan noda hitam di wajah, sehingga aman ketika digunakan. Namun, kamu juga perlu teliti dan berhati-hati dalam membeli, pilihlah pelembap atau krim wajah yang sesuai dengan tipe kulit kamu. hindari memakai produk kecantikan yang dapat membuat kulit menjadi berjerawat.

Pada dasarnya, jerawat memang sulit untuk disembuhkan tetapi kamubisa mengatasinya agar jerawat tersebut tak menyebar ke seluruh area wajah yaitu dengan melakukan pengobatan. Namun, apabila sudah terlalu parah, ada baiknya untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter, apalagi kalau obat tersebut tidak memberikan hasil yang maksimal, malah membuat wajah menjadi lebih berjerawat. Biasanya dampak buruk yang terjadi adalah area wajah membengkak, radang tenggorokan, sesak nafas, dan yang lebih parah kamu bisa pingsan.

Dokter ahli kecantikan biasanya menyarankan pasien untuk menggunakan produk yang mengandung konsentrat benzoil peroksida rendah. Namun, apabila kamu tidak yakin berarti kamu tidak perlu mencobanya karena konsentrat tersebut juga digunakan sebagai bahan pemutih pakaian sehingga kalau tidak cocok malah menimbulkan masalah pada kulit wajah kamu.

Cara alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti buah-buahan atau produk tradisional lainnya tetapi kamu harus bersabar karena membutuhkan proses yang tidak instan. Kamu perlu melakukan perawatan secara rutin dan tidak hanya sekali agar hasil yang didapatkan pun maksimal. Jika kulit kamu mengalami alergi pada bahan-bahan alami tertentu, kamu bisa menggunakan bahan lain yang cocok di wajah kamu. Jangan memaksakan karena itu dapat berbahaya bagi kesehatan kulit. Memang hasilnya tidak seinstan ketika menggunakan produk kecantikan tetapi cara ini juga banyak dipilih orang wanita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *