Ini Dia, 4 Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Ampuh!

 

“Gosoklah gigimu minimal dua kali sehari!”, kamu pasti sering mendengar kalimat anjuran tersebut kan? Entah kamu melihatnya di TV, Internet atau koran sekalipun, anjuran tersebut memang benar dan dimaksudkan untuk menghindarkan kita dari berbagai masalah gigi yang sangat mengganggu.

Gigi berlubang, sangat menyakitkan tentunya apabila sedang kambuh hingga membuat kita mudah marah ketika diajak berbicara. Selain rasa sakit yang akan kamu alami jika gigi berlubang ini terjadi pada kamu, orang lain juga dapat terganggu lho dengan tingkah lakumu. Rasa minder dan malupun sudah pasti akan kamu alami.

Nggak pengen kan seperti itu? Nah, sebelum semua itu terjadi pada gigimu, kamu haruslah rajin merawat gigi dan melakukan 4 cara mencegah gigi berlubang ini. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat serta tips berikut, pasti berbagai masalah gigi seperti gigi berlubang tak akan kamu alami lho. Simak ulasannya.

  1. Sering Makan Makanan Bergula? Hentikan Sekarang Juga!

Yang perlu kamu tahu, kandungan yang ada dalam makanan bergula akan mempercepat gigimu untuk rusak dan berlubang, karena akan sangat mudah menempel dan terselip di gigi. Sering melihat anak kecil giginya menghitam atau berlubang? Ya, hal tersebut sudah pasti kebanyakan disebabkan oleh faktor makanan yang ia makan setiap harinya. Makanan bergula seperti es krim, cokelat, permen, gula-gula atau yang lain seringkali mereka makan dengan lahapnya. Ya, karena mereka belum tahu dampak sebenarnya jika mereka makan makanan tersebut setiap hari..

Nah, jika kamu tidak ingin mengalami seperti kebanyakan anak kecil, mulai sekarang janganlah sering-sering makan makanan bergula. Kamu tetap boleh kok kalau sekedar sebagai cemilan yang tidak dimakan setiap hari, namun jangan lupa untuk selalu membersihkan gigimu ya. Ingat, makanan yang manis juga menjadi penyebab diabetes lho!

  1. Mengunyah

Kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang sebenarnya dapat dengan mudah dihilangkan lho, ya dengan air liur yang diproduksi mulutmu. Semakin banyak air liur yang diproduksi, maka akan semakin banyak kuman yang tergilas secara kimiawi. Dan, mengunyah menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi air liurmu.

  1. Gosok Gigi Secara Teratur

Mencegah gigi berlubang yang ampuh adalah dengan menjaga kebersihan gigi, salah satu caranya adalah dengan menggosok gigi. Teknik yang benar serta menggunakan pasta dan sikat gigi yang tepat, akan membantu kamu agar terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut. Melakukannya dua kali sehari menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan, tentu jika kamu masih perhatian dengan kesehatan gigimu.

Gunakanlah sikat gigi yang bentuknya sesuai dengan rongga mulutmu agar dapat menjangkau keseluruhan bagian gigimu. Bulu sikat yang lembut juga harus kamu perhatikan ya. Apalagi soal pasta gigi, pilih yang memiliki kandungan terbaik ya.

  1. Berkumur

Kuman dan bakteri tidak hanya ada di gigi, tapi juga di mulut, oleh karena itulah berkumur dibutuhkan untuk menggilasnya. Menggunakan obat kumur gigi terbaik LISTERINE, akan menjaga seluruh bagian mulutmu terbebas dari kuman dan bakteri, tentu kamu juga akan terbebas dari gigi berlubang. Lakukanlah dua kali sehari setiap setelah gosok gigi ya.

Yang paling penting adalah selalu berkonsultasi ke dokter setidaknya 6 bulan sekali, hal ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana kondisi gigimu. Dan jika ada indikasi kerusakan, dokter gigimu juga akan memberikan penanganan yang tepat kok. Nah, semoga tips mencegah gigi berlubang diatas dapat membantu kamu ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *