Inilah 4 Tips Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Memiliki peranan yang sangat penting bagi aktivitas seseorang setiap harinya, gigi dan mulut haruslah dirawat sejak dini. Area gigi dan mulut juga menjadi pusat perhatian pandangan orang lain terhadap kamu selain mata, rambut, hidung dan bagian tubuh lain.

Tentu, memiliki gigi dan mulut yang sehat dan bersih menjadi idaman semua orang, karena dengannya seseorang dapat tetap optimis dalam menjalani hidupnya. Tidak perlu takut pesimis dan bau ketika berhadapan dengan seseorang, itulah alasan utama kamu haruslah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Apalagi jika keseharianmu dipenuhi dengan aktivitas kerja atau sekolah yang mengharuskan untuk berbicara, sangat tidak enak kan bila ada yang tidak suka berada didekatmu karena mulutmu yang bau dan tidak terawat? Nah, oleh karena itu, cobalah 3 tips cara menjaga kebersihan gigi dan mulut berikut agar kamu dapat menjalani aktivitasmu secara normal.

  1. Jaga Makananmu Sehari-hari!

Tentu, yang menjadi alasan utama masalah gigi atau mulut adalah karena makanan. Makanan yang kamu konsumsi setiap harinya, tentu akan menyebabkan adanya sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi.

Menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan itu penting, karena jika tidak dibersihkan segera akan menimbulkan adanya plak gigi. Yang perlu kamu ketahui, plak inilah yang menyebabkan timbulnya gigi berlubang dan bau mulut, akibat sisa-sisa makanan yang dibiarkan saja menempel di gigi berhari-hari.

Bukan pada jenis makanan apa yang kamu konsumsi, melainkan sikap apa yang kamu lakukan setelah makan. Kamu boleh saja makan apapun yang kamu suka, entah itu cemilan atau makanan pokok, selama kamu mau membersihkannya dengan rutin.

  1. Bersihkan dengan Gosok Gigi Dua Kali Sehari!

Satu cara yang ampuh untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel adalah dengan menggosok gigi. Gosok gigi merupakan cara yang paling sering dilakukan banyak orang karena memang ampuh untuk membersihkan gigi dan dapat menjangkau seluiruh bagian gigi.

Gosoklah gigimu setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Hal ini akan menjaga gigimu tetap bersih dari adanya sisa-sisa makanan untuk keesokan harinya. Untuk hasil yang lebih baik, kamu boleh gosok gigi pada sore hari saat mandi sore guna membersihkan makanan yang dimakan pada siang harinya.

Jangan lupa, pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan terbaik serta sikat gigi yang dapat menjangkau seluruh area gigimu hingga ke sela-sela.

  1. Jangan Lupa Berkumur!

Sebenarnya, tak hanya gigi saja yang harus dijaga kebersihannya, tentu area mulut juga perlu dijaga. Karena gosok gigi hanya membersihkan 25% area mulut saja yaitu gigi, tentu kamu juga harus berkumur untuk membersihkan sisa 75% area mulut.

Tak perlu berkali-kali, karena setiap kumuran akan menjaga 12 jam seluruh area mulutmu dari kuman, kamu cukup berkumur dua kali sehari masing-masing 30 detik untuk hasil maksimal. Jangan berkumur dengan air saja, gunakan obat kumur gigi yang memiliki kandungan terbaik di dalamnya seperti astringents dan anti bacteri.

Pilihlah mouthwash yang sudah dipercaya oleh jutaan orang di seluruh dunia, seperti LISTERINE. Memiliki kandungan yang terbaik, kamu akan dapati mulut yang bersih dan bebas kuman jika rutin berkumur dua kali sehari.

Itulah tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutmu. Jadikanlah hidupmu lebih berkesan dengan ditemani mulut yang bersih dan terawatt.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *