Inilah Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Mulutmu

Gigi yang sehat merupakan idaman setiap orang, banyak yang sudah mendapatkannya karena gaya hidup yang tepat, dan masih banyak juga yang belum mendapatkannya. Ya, berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang, plak, gigi kuning atau masalah-masalah yang lain, sebenarnya terjadi akibat gaya hidup yang kamu lakukan sehari-hari lho.

Tak banyak yang tahu memang, bahwa gaya hidup yang telah dilakukan sehari-harinya baik bagi kesehatan gigi mereka. Terutama masalah gigi berlubang, hal ini akan menganggu aktivitas karena terkadang timbul rasa sakit pada gigi sewaktu-waktu dan juga penampilan kamu akan memburuk lho.Fakta membuktikan bahwa tak hanya kalangan dewasa dan lansia saja yang mengalami masalah gigi berlubang ini lho, bahkan anak kecil dan remaja kini pun sudah banyak yang mengalaminya.

Jadi akan berpotensi besar masalah gigi ini terjadi pada dirimu juga. Oleh karena itu, butuh pencegahan yang tepat serta gaya hidup yang baik setiap harinya. Kamu mungkin belum mengetahuinya, oleh karena itu tips cara mencegah gigi berlubang ini dapat kamu lakukan sebagai gaya hidup baru kamu. Perhatikan setiap poin bahasan dan lakukan dengan tepat dan rutin ya..

  1. Hindari Makanan yang Mengandung Gula

Tahu nggak bahwa makanan-makanan yang mengandung gula seperti coklat, permen, cemilan atau makanan lain dapat merusak gigimu? Jika kamu belum tahu, kurangi sekarang juga untuk memakan-makanan tersebut.

Kamu mungkin sering melihat anak kecil yang belum berusia 10 tahun sudah memiliki gigi yang hitam dan berlubang? Ya, hal tersebut terjadi karena keseharian anak kecil tersebut yang sering sekali memakan makanan yang mengandung gula seperti es krim, gula, coklat dan permen.

Kamu boleh memakan makanan jenis ini, namun hanya sesekali saja, dan jangan terlalu sering bila kamu tidak ingin terjadi masalah pada gigimu. Selain berdampak pada gigi, terlalu sering makan makanan yang manis juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu lho, salah satunya adalah kolesterol.

  1. Menggosok Gigi dan Berkumur Secara Rutin

Sangat penting bagi kamu untuk menjaga segala makanan yang kamu konsumsi sehari-harinya, namun jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya ya. Perlu kamu tahu bahwa sebenarnya penyebab gigi berlubang adalah karena kuman, bakteri dan sisa-sisa makanan yang menjadi plak yang berada dalam mulutmu lho. Jadi selalu pastikan agar penyebab gigi berlubang tersebut tidak ada di mulutmu ya.

Cara terbaik yang dapat kamu tempuh adalah dengan selalu rutin menggosok gigi dan berkumur dua kali sehari pada pagi hari, sore hari atau malam hari. Dengan melakukan kedua hal ini, maka kamu sudah memastikan seluruh area mulutmu terbebas dari pemicu gigi berlubang. Jangan lupa untuk memilih pasta gigi dan obat kumur gigi yang memiliki kandungan terbaik di dalamnya, juga sikat gigi yang konturnya sesuai dengan bentuk mulutmu ya. Untuk obat kumur, LISTERINE dapat menjadi pilihan terbaikmu lho.

  1. Selalu Periksa Gigi

Cara terbaik untuk mengontrol keadaan gigimu adalah dengan selalu datang ke dokter untuk memeriksakan gigi atau sekedar berkonsultasi saja. Hal ini penting untuk memastikan bagaimana keadaan gigimu, apakah terdapat suatu masalah ataukah masih normal. Jika kamu punya cukup uang, pergilah ke dokter gigi terbaik setidaknya 6 bulan sekali, atau lebih sering akan lebih baik hasilnya.

Nah, tiga cara diatas akan sangat ampuh untuk menghindari timbulnya gigi berlubang pada gigi kamu. Untuk memiliki gigi yang sehat dan bebas masalah, memang tidak mudah karena dibutuhkan niat yang kuat dan cara perawatan yang benar. Demi masa depanmu yang lebih cerah, pastikan untuk selalu menjaga aset gigi yang sangat penting ini ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *