Jangan Terbalik Ya, Temukan Penyebabnya Dulu Baru Cari Cara Mengatasi Komedo

Menyebalkan sekali memiliki wajah berhiaskan komedo. Setiap kali di depan kaca, rasanya ingin memencet.

Tapi itu bukan cara yang tepat untuk mengatasi komedo pada wajah. Komedo termasuk masalah pada wajah yang sulit untuk diatasi. Perlu waktu yang cukup lama untuk mengatasinya.

Namun, terkadang orang merasa sudah menerapkan cara mengatasi komedo tapi tetap saja komedo tidak kunjung hilang. Meskipun sudah dilakukan setiap hari dan sudah sangat lama, komedo bukannya hilang tapi justru bertambah.

Jika kamu merasakan hal yang sama, mungkin saja kamu salah dalam menerapkan cara untuk mengatasi komedo. Ada banyak cara tapi tidak semua efektif menghilangan komedo. Tergantung penyebabnya.

Jadi, ada baiknya kamu ketahui dulu apa penyebab komedo yang kamu alami.

Komedo Karena Puber

Kebanyakan komedo dialami oleh anak remaja yang sedang masuk ke masa puber. Pada masa itulah produksi hormone mereka meningkat sehingga memicu meningkatnya kelenjar minyak.

Awalnya remaja yang sedang dalam masa puber akan mengalami kulit berminyak. Kemudian, akan muncul noda hitam yang disebut dengan komedo. Noda hitam ini muncul karena minyak berlebihan keluar dan menggumpal pada bagian pori-pori. Hal ini diperparah dengan bakteri yang ada pada wajah.

Untuk itulah kenapa anak remaja harus rajin membersihkan wajah. ini cara yang tepat untuk mengatasi komedo. Karena dengan membersihkan wajah, bakteri yang mungkin sembunyi di pori-pori bisa dihilangkan. Selain itu, wajah juga terhindar dari kotoran menempel pada wajah yang menjadi penyebab komedo.

Agar bakteri dan juga kotoran hilang, kamu harus membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka yang mengandung anti bacterial agent. Kandungan inilah yang mampu membasmi bakteri penyebab komedo.

Perlukah menggunakan masker penghilang komedo? Sebenarnya tidak perlu. Jika komedo belum terlalu banyak, cukup dengan membersihkan wajah dengan sabun saja.

Komedo Karena Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Sepertinya semua gaya hidup yang kurang sehat itu berimbas pada kesehatan kulit. Lihat saja orang yang sering merokok sering mengalami masalah kulit kering.

Wajah berkomedo dikaitakan dengan makanan yang berminyak. Jika kamu tidak sedang masa puber tapi memiliki komedo, mungkin kamu tidak sadar mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.

Sebenarnya orang dewasa yang masa pubernya sudah lewat harusnya sudah tidak lagi memiliki masalah seperti komedo. Hal ini dikarenakan produksi hormone sudah stabil. Jika kamu memiliki komedo, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan gaya hidup yang kurang sehat.

Kurangi makan makanan yang berlemak dan ganti dengan sayuran segar. Ini cara yang tepat mengatasi komedo yang kamu alami sekarang ini. Tapi, agar komedo tidak menyebar, usahakan untuk membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang tepat ya. Jika kamu sering menggunakan makeup, sebaiknya kamu berhati-hati. Karena sisa makeup yang tertinggal di wajah bisa menyebabkan komedo lho.

Jadi, setelah kamu pulang dari aktivitas setiap hari, bersihkan wajah dengan cleanser baru kemudian membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka yang bagus.

Jadi, kira-kira apa penyebab masalah komedo yang kamu alami? Jangan asal menerapkan cara menghilangkan komedo pada wajah. Kenali dulu penyebabnya baru kemudian kamu bisa cara solusinya. Dengan demikian, cara untuk mengatasi komedo yang kamu terapkan akan lebih efektif. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk memiliki kembali kulit wajah yang sehat dan cantik tanpa komedo.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *