Kalau Tau Alasan ini, Kamu Pasti Jadi Rajin Membersihkan Plak Gigi

Membersihkan plak gigi memang terkadang dianggap sebagai hal yang cukup sepele dan tidak perlu perhatian yang berlebih. Asalkan gigi sudah terasa bebas dari plak dan sudah terlihat bersih, biasanya gigi sudah dianggap bebas dari plak dan cukup terhindar dari potensi masalah gigi lainnya.

Makanya, kamu perlu lebih teliti dan berhati-hati ketika membersihkan plak yang ada di gigi agar kamu juga terhindar dari dampak kerusakan gigi yang disebabkan oleh plak gigi yang tidak dibersihkan dengan benar.

Coba baca dulu, hal apa saja yang bisa kamu hindari hanya dari memastikan plak pada gigi sudah dibersihkan dengan benar.

  • Kamu bisa lebih berhemat

Dengan memastikan plak gigi sudah dibersihkan dengan benar, kamu sudah lebih berhemat biaya kunjungan ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi yang bisa-bisa harus kamu lakukan jika gigi tidak terawat dengan benar. Bayangkan saja jika plak gigi terlalu lama tertinggal di gigi, kamu harus mengunjungi dokter gigi hanya untuk membersihkan karang gigi dan perawatan gigi lainnya. Pastinya, melakukan perawatan gigi itu tidak murah, lho!

  • Terhindar dari masalah bau mulut

Dengan gigi yang bebas dari plak, pastinya mulut kamu akan terasa lebih nyaman, karena kamu akan terhindar dari masalah bau mulut. Sebab plak gigi dan kotoran yang tertinggal inilah yang biasanya menyebabkan mulut menjadi bau. Agar mulut terasa lebih segar, jangan lupa juga untuk menggunakan mouthwash yang dapat membantu membersihkan plak gigi, ya.

  • Gingivitis

Gingivitis ini bisa terjadi karena disebabkan oleh plak gigi yang terlalu lama tertinggal. Lama kelamaan, plak akan mulai berubah menjagi karang gigi, yang akan jadi jauh lebih sulit untuk dibersihkan. Akhirnya, gusi bisa jaid membengkak atau meradang, dikarenakan adanya karang gigi ini.

  • Penyakit jantung dan stroke

Dengan banyaknya plak yang menumpuk pada gigi dan mulut, lama kelamaan bakteri yang ada tidak hanya mengganggu gigi dan bagian-bagian mulut. Plak yang terlalu lama didiamkan di gigi akan mulai memasuki peredaran darah hingga akhirnya terbawa aliran darah hingga ke jantung. Dengan adanya bakteri di jantung, tentuya ini akan menyebabkan jantung yang tidak sehat dan mulai terganggu. Jika jantung terganggu, pastinya darah yang beredar di seluruh tubuh juga akan terganggu bahkan sampai di otak. Inilah bagaimana hal keci sepert plak gigi dapat mengganggu organ tubuh lainnya hingga jantung dan juga memicu terjadinya stroke.

  • Diabetes

Ketika bakteri sudah memasuki aliran darah, tidak hanya bisa memicu terjadinya gangguan jantung dan stroke. Bakteri pun bisa menyebar ke pankreas, organ tubuh yang menghasilkan insulin. Jika pankreas sudah terkena bakteri dan mulai terganggu, maka insulin yang dihasilkan juga menjadi tidak optimal. Tanpa insulin yang cukup, tubuh kita tidak dapat mengubah karbohidrat dan gula menjadi energi, dan inilah yang menjadikan orang terkena Diabetes tipe 2.

Banyak kan, hal-hal yang lebih serius yang bisa kamu hindari jika kamu tidak menganggap sepele plak yang ada di gigi?. Membersihkan plak yang ada di gigi tentunya jauh lebih mudah dari pada jika kamu harus mengatasi dampak lainnya yang lebih buruk hanya karena kamu malas untuk membersihkan gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *