Kandungan Obat Kumur Gigi yang Harus Kamu Ketahui

Terdapat beberapa perselisihan antara manfaat dan bahaya dari penggunaan obat kumur gigi. Padahal pada dasarnya produk obat kumur gigi telah diperkaya dengan berbagai kandungan yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Selain kandungannya, efek dari obat kumur sendiri adalah untuk membuat nafas segar.

Namun yang sebenarnya harus diperhatikan adalah bagaimana cara Anda memilih obat kumur yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan kebutuhan. Maka sebenarnya kandungan apa saja yang terdapat pada obat kumur sehingga dapat membuat mulut menjadi segar dan sehat?

Pertama, pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride. Kandungan utama dalam obat kumur gigi adalah fluoride yang sangat baik untuk meningkatkan lapisan enamel pada gigi. Fluoride juga terdapat di dalam pasta gigi yang juga sangat baik dalam memberikan manfaat untuk mengatasi kerusakan gigi yang parah. Pengikisan yang terjadi pada gigi juga dapat dihindari dengan menggunakan pasta gigi dan mouthwash yang mengandung fluoride karena akan mampu memperkuat mahkota gigi Anda. Maka dari itu hendaklah mencari obat kumur yang mengandung fluoride untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Kedua, mengandung astringents yang terdapat dalam bahan seperti zinc chloride ataupun citric acid. Kenapa perlu kedua bahan ini? Karena kedua bahan ini menjadi perangsang rasa segar dalam mulut yang akan membuat mulut merasa nyaman. Fungsi utama dari mouthwash adalah untuk menyempurnakan pembersihan mulut Anda setelah menyikat gigi agar sempurna, maka kandungan ini sangat penting untuk ada di dalam obat kumur gigi pilihan Anda.

Ketiga, usahakan untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Dengan banyaknya obat kumur gigi yang mengandung alkohol, tentunya banyak orang yang membelinya di pasaran. Sebenarnya tidak masalah karena kandungan alkohol pada mouthwash tidak berbahaya dan dapat ampuh membersihkan kuman yang ada di dalam mulut. Namun mungkin yang perlu diperhatikan adalah dosis dan kandungannya, usahakan untuk tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol terlalu banyak karena akan membuat mulut Anda terasa panas.

Keempat, mencari mouthwash yang mengandung antiplaque. Masalah utama yang mengancam kesehatan gigi dan mulut adalah dengan munculnya plak yang nantinya akan menjadi karang gigi. Maka dari itu sebaiknya Anda mencegah pertumbuhan plak itu terjadi dengan mencari obat kumur gigi yang mengandung antiplaque untuk mencegah dan mengurangi produksi plak yang terjadi.

Kelima, gunakan obat kumur antimikrobia untuk melawan bakteri. Untuk penanganan lebih lanjut akan masalah yang terjadi di dalam mulut dan butuh pembersihan secara intensif, maka carilah obat kumur gigi yang mengandung antimikrobia yang ampuh dalam membersihkan mulut seperti mengurangi plak dan membantu mengatasi radang gusi dengan membunuh bakteri penyebabnya. Dapat pula menggunakan obat kumur antiseptik yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa dan virus. Namun, perlu diperhatikan bahwa obat kumur yang mengandung antiseptik harus dijaga penggunaannya, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, sekarang jadi tahu kan bagaimana cara memilih obat kumur gigi yang terbaik untuk kebutuhan Anda? Maka dari itu, dengan mengetahui kandungan yang terdapat pada obat kumur gigi akan membuat Anda lebih bijak dan membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *