Kenapa Pakai Obat Kumur Gigi untuk Menghilangkan Plak Pada Gigi?

Obat kumur gigi memang dikenal sebagai cairan pembersih gigi dan mulut yang fungsi utamanya adalah untuk membersihkan sisa – sisa kotoran di gigi dan mulut serta menyegarkan mulut agar terhindar dari masalah bau mulut yang tidak segar. Tapi, obat kumur gigi juga seringkali disebut – sebut sebagai bahan yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai cara menghilangkan plak pada gigi.

Sebelum membahas cara kerja obat kumur gigi dalam menghadapi masalah plak pada gigi, hal pertama yang perlu diketahui adalah bagaimana plak bisa terbentuk dan hal apa lagi yang bisa terjadi jika plak terlalu lama menumpuk pada gigi.

Plak itu terjadi karena kotoran sisa makanan yang terselip di gigi tertinggal terlalu lama, bukan?

Betul sekali.

Plak pada gigi terbentuk karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi bereaksi dengan air liur, sehingga sisa makanan tersebut membentuk lapisan lengket yang lalu menempel pada gigi. Pada umumnya, jika gigi disikat dan dibersihkan secara teratur setiap sesudah makan, maka plak yang lengket ini akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Apa yang terjadi jika plak dibiarkan menempel pada gigi terlalu lama?

Plak yang baru terbentuk memang cukup mudah untuk dibersihkan. Namun, plak yang dibiarkan terlalu lama akan mulai mengeras dan lebih sulit untuk dibersihkan sehingga membentuk karang gigi. Itulah alasan mengapa cara membersihkan plak pada gigi yang benar itu sangat penting.

Ketika plak terlalu lama tertinggal dan menjadi karang, membersihkannya akan membutuhkan usaha yang lebih. Misalnya, seperti menyikat gigi dengan lebih kuat supaya plak atau karang gigi yang menempel bisa dibersihkan. Resiko menyikat gigi terlalu kuat pun ada, seperti menyebabkan luka pada gusi.

Ketika karang gigi sudah mulai terbentuk, pilihan lainnya adalah untuk datang ke dokter gigi untuk dibersihkan. Namun pilihan ini tidak hanya mengeluarkan biaya lebih, waktu yang perlu disisihkan untuk pergi berkunjung ke dokter gigi pun tidak sedikit.

Selanjutnya, jika plak dan karang gigi juga tidak segera dibersihkan, lama kelamaan lapisan enamel yang melindungi gigi pun bisa menjadi rusak. Dengan lapisan pelindung yang tidak berfungsi dengan baik, maka gigi pun bisa berlubang.

Jadi, apa peran obat kumur gigi dalam membersihkan plak pada gigi?

Obat kumur gigi tentunya dapat menjangkau bagian – bagian pada gigi dan mulut yang sulit dijangkau oleh bulu sikat gigi, sehingga sisa kotoran dan plak pada gigi yang tertinggal atau tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi pun bisa dibersihkan.

Dengan begitu, plak yang menempel pada gigi berkurang, sehingga resiko terbentuknya karang gigi yang dapat merusak lapisan pelindung gigi pun lebih sedikit.

Selain itu, bakteri pun akan lebih mudah tumbuh jika plak pada gigi terlalu lama tertinggal dan tidak dibersihkan. Menggunakan obat kumur gigi yang bersifat antiseptik pun sangat berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang timbul karena adanya plak gigi tersebut.

Setelah membaca apa yang bisa terjadi jika kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga dengan baik, kamu sekarang sudah tahu kan, kenapa membersihkan plak pada gigi itu bisa menjadi hal yang sangat mudah jika menggunakan obat kumur gigi?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *