Kenapa Sabun Cuci Muka yang Bagus untuk Pria Berbeda dengan Wanita?

Mungkin kamu juga pernah bertanya dengan diri sendiri atau mengungkapkan pertanyaan ini kepada orang lain, kenapa sabun cuci muka dibedakan untuk pria dan untuk wanita.

Lebih ekstrim lagi, ada wanita yang tidak mau menggunakan sabun cuci muka untuk pria. Begitu juga sebaliknya.

Apakah kamu sudah menemukan jawabannya? Ikuti penjelasan berikut ini agar kamu mendapatkan penjelasan selengkap-lengkapnya.

Perbedaan Kulit Wajah Pria dan Wanita

Orang awam pun tahu ada perbedaan antara kulit wajah pria dengan wanita. Namun, untuk lebih jelasnya, kamu harus mengetahui penjelasan dari sisi medis.

Apakah kamu tahu sebenarnya pria lebih beresiko mengalami masalah kulit wajah berminyak? Itulah mengapa sabun cuci muka yang bagus untuk pria adalah sabun yang bisa mengecilkan pori-pori sekaligus menyerap minyak berlebihan pada kulit wajah.

Di bandingkan dengan wanita, pria lebih rentan terhadap masalah kulit wajah berminyak. Hal ini terkait dengan sekresi androgen pada pria. Terutama saat masa puber, pria lebih banyak memproduksi minyak daripada wanita.

Padahal, jika dilihat dari ketebalan kulit, pria memiliki kulit yang lebih tebal sekitar 25% daripada wanita. Namun, karena produksi minyaknya sangat tinggi, masalah kulit berminyak lebih sering dialami oleh pria daripada wanita.

Wanita Lebih Cepat Terlihat Tua

Untuk kamu kaum hawa, mungkin kamu lebih tenang karena merasa masalah kulit berminyak lebih mudah kamu atasi. Hanya saja, kamu harus hati-hati karena wanita akan terlihat sedikit cepat lebih tua daripada pria.

Mungkin inilah yang menjadi alasan kenapa banyak sekali produk anti aging itu ditujukan untuk wanita. Karena kulit wajah mereka lebih mudah menunjukkan penuaan daripada pria.

Ternyata, menurut medis, kolagen yang diproduksi pria lebih tinggi daripada kolagen yang diproduksi wanita. Akibatnya, wanita akan terlihat 15 tahun lebuh tua daripada pria walaupun sebenarnya seumuran.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja kamu sebagai wanita harus lebih rajin melakukan perawatan. Setidaknya kamu harus menggunakan sabun cuci muka yang paling bagus untuk jenis kulit kamu.

Selain itu, untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, kamu bisa menggunakan tabir surya setiap kali ingin keluar rumah. Dan satu lagi, pastikan juga kamu menggunakan krim yang mengandung pelembab. Karena pelembab itulah yang akan membuat kulit kamu terhindar dari masalah munculnya tanda penuaan dini.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, kebanyakan pria tidak begitu memperdulikan penampilan terutama wajah. Jadi, walaupun mereka bisa memproduksi kolagen yang lebih tinggi daripada wanita, mereka tetap tidak terlihat lebih muda jika dibandingkan dengan wanita seumuran karena mereka tidak begitu memperhatikan kondisi kesehatan kulit wajahnya.

Bolehkah Pria Menggunakan Sabun Cuci Muka Wanita atau Sebaliknya?

Jika dilihat dari penjelasan di atas, tentu saja berbeda antara sabun cuci muka pria dan wanita. Karena kebutuhan pria dan wanita memang berbeda.

Bagi wanita, sebenarnya tidak begitu disarankan untuk memakai sabun cuci muka pria karena pasti kandungannya lebih keras lantaran kulit wajah pria jauh lebih tebal.

Sementara itu, sepertinya tidak masalah jika pria menggunakan sabun cuci muka wanita. Bahkan, beberapa produsen membuat sabun badan yang bisa digunakan oleh pria untuk membersihkan wajah sekaligus. Hal ini disebabkan kandungan sabun untuk badan dan wajah tidak terlalu berbeda.

Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan sabun cuci muka untuk wanita. Kuilt wanita sangat sensitif sehingga dibutuhkan sabun cuci muka yang khusus.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *