Ketombe, Apakah Penyebabnya dan Bagaimana Cara Menanganinya?

ketombe

www.stylecraze.com

Masalah ini seringnya mulai dialami saat masa remaja, tetapi kebanyakan remaja tidak tahu hal-hal apa sajakah yang menjadi penyebabnya, yang diketahui hanya “entahlah, tiba-tiba muncul”. Dalam mengatasi suatu permasalahan, kamu perlu tahu penyebabnya. Jangan-jangan selama ini kamu melakukan kebiasaan yang salah, maka ketombe tersebut muncul. Apa itu ketombe dan hal-hal penyebab ketombe muncul serta cara menangani masalah kulit kepala berketombe akan dibahas di sini. Yuk, disimak.

Apa itu ketombe?

Ketombe merupakan sel kulit mati yang umumnya berada di kulit kepala dan dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu, ketombe dalam jumlah banyak dapat menandakan gejala suatu penyakit dan menghilangkan rasa percaya diri. Tidak semua sel kulit mati dapat menyebabkan munculnya ketombe, hanya sel kulit mati yang tumbuh dan mati terlalu cepat saja.

Hal-hal penyebab munculnya ketombe

  • Kulit kepala terlalu lama berada dalam kondisi panas ataupun lembab

Entah panas dari terik matahari maupun hair dryer dapat menyebabkan munculnya ketombe. Selain itu, kondisi kulit kepala yang lembab juga dapat menjadi penyebab kepala berketombe, contohnya menggunakan penutup kepala sebelum kulit kepala kering sehabis keramas.

  • Stress dan tertekan

Terlalu lama dalam kondisi ini dapat meningkatkan potensi mengalami kepala berketombe. Pada saat seseorang berada dalam kondisi mental negatif, maka hormon dalam tubuh akan berubah. Hal ini menjadi pemicu munculnya masalah kulit kepala berketombe.

  • Saat keramas kulit kepala tidak dibilas sampai bersih

Proses pembilasan kulit kepala yang tidak bersih saat keramas dapat memunculkan ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala.

  • Jarang maupun terlalu sering keramas

Jika kamu jarang keramas, maka kotoran akan menumpuk di kulit kepala, sehingga menimbulkan ketombe. Sebaliknya, terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan berkerak.

  • Keramas dan melakukan perawatan rambut dengan produk yang tidak cocok

Hal ini sering dialami oleh orang yang memiliki kulit kepala sensitif. Apabila saat memutuskan untuk merubah produk yang kamu gunakan dan menyebabkan rasa gatal, segeralah hentikan penggunaan produk tersebut. Apabila kamu sudah menemukan produk yang cocok bagi kulit kepalamu, usahakan untuk mengingat produk tersebut dan tetap memakainya.

  • Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B

Kekurangan kedua nutrisi tersebut dapat memicu terjadinya masalah kulit kepala berketombe.

  • Memiliki penyakit tertentu

Tidak semua ketombe muncul karena kebiasaan yang salah. Terkadang ketombe dapat muncul karena memiliki penyakit tertentu yang membuat kulit kepala menjadi berminyak dan bersisik, seperti dermatitis seboroik. Apabila penggunaan produk dan bahan alami yang membantu menangani masalah ketombe tidak bermanfaat, segeralah periksakan dirimu ke dokter.

Cara menangani kulit kepala berketombe

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk menangani masalah ketombe

Umumnya produk perawatan rambut untuk menangani masalah ketombe mengandung bahan ketokonazol, asam salisilat, selenium sulfide, tar, dan zinc pyrithione.

  • Menggunakan lidah buaya

Cairan lidah buaya dapat menangani masalah ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe

  • Soda kue

Bahan ini relatif mudah didapat dan digunakan. Cara penggunaannya cukup mengoleskan soda kue pada kulit kepala yang basah.

  • Minyak zaitun dan minyak kelapa

Oleskan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa pada kulit kepala yang berketombe, kemudian tunggulah sekitar satu jam dan sisirlah rambut di daerah kulit kepala berketombe. Namun, minyak zaitun dan minyak kelapa dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi berminyak. Oleh karena itu, hindarilah pemakaian yang terlalu banyak dan sering.

  • Menggunakan lemongrass shampoo

Lemongrass dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe.

  • Bawang putih

Bawang putih dapat mencegah dan menghilangkan jamur penyebab munculnya ketombe. Penggunaannya mudah, cukup mengoleskan bawang putih pada kulit kepala.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *